Home / BERITA TERBARU / Hari ini, Atjeh Connection Foundation Bawa Bantuan ke Sulteng

Hari ini, Atjeh Connection Foundation Bawa Bantuan ke Sulteng

Kiri-kanan pengurus ACF Bang Ayi, pendiri ACF Amir dan Anita Faisal serta pengurus ACF Kak Ros dalam jumpa pers di The Paray, Jakarta, Selasa (2/10/2018).

KLIKKABAR.COM. JAKARTA – Atjeh Connection Foundation (ACF) mengirim relawan dan bantuan kepada korban gempa dan tsunami di Palu, Donggala dan sekitarnya. Gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng) sudah dirasakan oleh warga Aceh pada 2004.

“Kami menggunakan wadah Atjeh Connection Foundation dengan bergerak bersama-sama bersama rekan dari daerah lain yang terketuk hatinya atas musibah yang menimpa saudara-saudara kita di Sulawesi Tengah,” ungkap pendiri ACF Amir Faisal di The Paray, Jakarta, Selasa (2/10/2018) malam.

Dalam jumpa pers itu, Amir menyatakan, pihaknya menginisiasi pengumpulan dana atau bantuan lain dalam bentuk barang dari berbagai warga guna meringankan beban korban musibah gempa dan tsunami di Sulteng.

“Besok pagi (Rabu, 3 Oktober 2018), relawan dan bantuan diterbangkan dari ke Palu setelah transit di Makassar. Relawan Atjeh Connection Foundation sudah tiba sehari pasca gempa dengan Hercules untuk memetakan daerah yang akan mendapatkan distribusi bantuan. Kami membawa kebutuhunan yang dibutuhkan,” jelas Amir didampingi pendiri ACF Anita Faisal dan pengurus ACF Bang Ayi, dan Kak Ros.

Bantuan yang dibawa yakni uang tunai, selimut, kebutuhan bayi, biskuit, celana dalam pria dan perempuan, alat penyaring air, dan barang lainnya.

Disebutkan Amir, bantuan difokuskan ke Kabupaten Sigi yang hingga Selasa malam, sebanyak tujuh kecamatan masih terisolasi.

“Kondisi di Sigi sangat parah dan bantuan belum sepenuhnya masuk karena akses terputus. Kami akan dirikan posko di sana dan mendistribusikan bantuan di tempat yang benar-benar membutuhkan. Relawan kami sudah di lokasi,” tegas Faisal.

ACF sudah mengantisipasi tindakan penjarahan yang dikabarkan oleh segelintir masyarakat perbatasan kota kepada bantuan yang dikirim ke tempat-tempat belum ada bantuan. Untuk itu, ACF berkoordinasi dengan pihak keamanan setempat saat bantuan dikirim melalui jalur darat dari Palu ke Sigi.

“Kami tidak sepenuhnya menyalahkan warga yang menjarah. Bisa jadi warga butuh makan dan belum menerima bantuan. Kami pastikan bantuan dari Atjeh Connection Foundation tepat sasaran ke warga yang belum tersentuh bantuan.Infonya bantuan dari pemerintah belum masuk ke sana,” tegas.

Ditambahkan, bantuan diberikan dalam beberapa tahap karena keterbatasan kargo pesawat.

“Prioritas bantuan sekarang bersifat darurat. Setelah masa darurat berakhir, Atjeh Connection Foundation akan trauma healing kepada anak-anak dan warga,” pungkas pemilik restoran dan kafe The Atjeh Connection di Jakarta.

Pembaca bisa mengirim bantuan ke nomor rekening 165.00.17007007 Bank Mandiri Cabang Jakarta Grand Slipi Tower atas nama Yayasan Atjeh Connection. Setelah transfer, konfirmasi ke nomor kontak 085260053813. Publikasi donasi bisa diklik di website ini.