Home / ACEH / Pasangan Diduga Mesum di Masjid Raya Terancam Hukuman Cambuk

Pasangan Diduga Mesum di Masjid Raya Terancam Hukuman Cambuk

Kepala Satpol PP-WH Kota Banda Aceh, Hidayat

KLIKKABAR.COM, BAND ACEH- Kepala Satpol PP dan WH Kota Banda Aceh Hidayat mengatakan, pasangan yang diduga mesum di Basemant

Masjid Raya Baiturrahman sedang dilakukan pemeriksaan.

Keduanya berinisial MY (38), yang merupakan warga Gampong Peuniti, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh. Sedangkan si perempuan berinisial SY (42) yang diketahui sebagai merupakan warga Gampong Geuceu Ineum, Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh.

Hasil pemeriksaan sementara, keduanya terbukti bukan pasangan yang sah alias belum berstatus suami istri.

“Yang wanita mengaku masih lajang, sementara yang laki-laki mengaku istrinya sudah meninggal,” ujar Kasatpol Selasa 28 Agustus 2018 di ruang kerjanya.

Lebih lanjut kata Dayat, sebelum ditangkap, keduanya memang sempat berduaan dan saling pegang-pegangan bak orang sedang dimabuk asmara, perbuatan mereka menurut Hidayat sudah termasuk dalam kategori perbuatan melanggar hukum syariat islam atau khalwat.

Naas, pasangan beda usia tersebut ketahuan oleh warga dan langsung diamankan di pos keamanan Masjid Raya sebelum diangkut ke kantor Satpol PP-WH kota Banda Aceh.

“Proses pemeriksaan tetap kami lanjutkan, apalagi masyarakat sudah menyaksikan sendiri perbuatan mereka, untuk membuktikan bersalah atau tidak sangat tergantung pada pengakuan saksi,” katanya.

Hingga saat ini, belum satu pun saksi yang diperiksa, baru tahap pemeriksaan terhadap pelaku dugaan praktik mesum di arena masjid kebanggaan masyarakat Aceh.

“Kalau memang terbukti bersalah, mereka harus mempertanggug jawabkan perbuatan dengan hukuman maksimal 30 kali cambukan,” imbuhnya.