Home / ACEH / Sate Siput, Kuliner Sejuta Manfaat

Sate Siput, Kuliner Sejuta Manfaat

(Zamzami Ali/Klikkabar)

KLIKKABAR.COM, LANGSA – Sate adalah makanan yang disukai oleh hampir semua orang. Bahan yang digunakan untuk membuat sate ada banyak macamnya, mulai dari daging ayam, daging kambing, dan daging sapi.

Namun, pernahkah anda memakan sate siput atau bekicot?

Beberapa peneliti menyebutkan bahwa dalam 100 gram daging siput, terdapat 12 gram protein hewani, dan hanya mengandung 1% kadar lemak. Sehingga cocok digunakan sebagai alternatif dari daging merah yang biasa anda konsumsi.

Bekicot atau siput selama ini sering dianggap sebagai hama. Hal ini bisa dimaklumi, mengingat siput sifatnya sering merusak tanaman, selain itu pertumbuhannya pun tidak terkontrol. Populasi siput yang sangat banyak, membuat hewan kecil yang satu ini menjadi hama dan menjadi musuh bagi para petani, karena siput dapat merusak tanaman.

Dengan nama latin Achatina Fulica, siput termasuk ke dalam golongan genus Achatina, yang merupakan bagian dari filum Mollusca dan merupakan genus Gastrophoda. Wikipedia sendiri mengatakan bahwa siput pada awalnya berasal dari daratan Afrika, yang kemudian tersebar ke seluruh dunia karena terbawa dalam proses perdagangan.

Bentuknya yang kecil serta mudah berkembang biak membuat populasi siput saat ini sangatlah banyak, sehingga menjadi hama yang cukup dibenci oleh sebagian orang.

Jika anda masyarakat Kota Langsa dan sekitarnya yang suka bepergian atau sekedar jalan – jalan ke Kuala Langsa, anda dengan mudah bisa menjumpai para penjual sate siput yang berjejer di pinggir jalan tepatnya di Desa Sungai Pauh, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa.

(Zamzami Ali/Klikkabar)

Seorang penjual sate di daerah tersebut kepada Klikkabar.com mengaku, mereka mendapatkan bahan baku siput dengan mudah dari tambak milik warga di desa setempat. Jika anda berniat mencoba sate siput, anda hanya perlu membayar seribu rupiah per tusuknya. Oh iya, para penjual sate ini mulai membuka lapaknya setiap hari setelah Ashar dan tutup menjelang Magrib.

Beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dengan mengkonsumsi siput, diantaranya yaitu untuk perkembangan otot, menghilangkan berbagai jenis penyakit seperti asma, TBC, gatal pada kulit, serta baik untuk pengobatan liver dan hepatitis. Bahkan sebagian masyarakat percaya, mengkonsumsi siput dapat meningkatkan gairah seksual.

Walaupun masih banyak manfaat siput yang telah terbukti secara ilmiah, ternyata banyak juga testimoni dan pengakuan dari masyarakat bahwa daging siput memiliki khasiat yang luar biasa. Sugesti? Entahlah.

Terlepas dari hal itu semua, setiap produk hewan yang dapat dikonsumsi pastilah memiliki manfaat tersendiri bagi anda yang mengkonsumsinya. Dengan manfaat seperti itu, apakah anda tertarik untuk mencoba mencicipi daging siput? [ZA]