Home / ACEH / Tersangka Korupsi di Kemenag Aceh Ditangkap

Tersangka Korupsi di Kemenag Aceh Ditangkap

HS, tersangka korupsi di Kemenag Aceh saat dinaikkan ke dalam mobil tahanan oleh penyidik di Kejati Aceh, Banda Aceh, Kamis, 9 Agustus 2018. (Muhammad Fadhil/Klikkabar)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh menangkap Direktur Supernova berinisial HS pada Kamis, 9 Agustus 2018.

HS ditangkap setelah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi rencana pembangunan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Aceh. Pembangunan kantor itu bersumber dari APBN tahun 2015 dengan biaya 1 miliar lebih.

Kajati Aceh, Chairul Amir melalui Kepala Seksi Penkum dan Humas, Munawal Hadi mengatakan, penangkapan itu dilakukan agar tersangka tidak melarikan diri.

“Penangkapan ini juga supaya tersangka tidak menghilangkan barang bukti. Tersangka ditahan di LP Kajhu selama 20 hari untuk penyidikan,” kata Munawal kepada wartawan di Banda Aceh, Kamis sore, 9 Agustus 2018.

Selain HS, Kejati juga menetapkan salah seorang tersangka lainnya yakni Y. Dalam kasus ini, Y berperan sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada Kemenag Aceh.

Munawal juga menjelaskan bahwa tak tertutup kemungkinan bakal ada tersangka lainnya dalam kasus ini. Saat ini, penyidik sedang mendalami tentang perkara itu.

“Kita lihat ke depan bagaimana termasuk (apakah adanya) tersangka baru, sabar ya,” kata Munawal.

Sementara, Kuasa Hukum HS, Muslim Muis mengatakan akan melakukan pra peradilan terkait perkara itu. Ia menilai bahwa kliennya tak memiliki bukti yang cukup untuk ditetapkan sebagai tersangka.

“Karena menurut kita hingga hari ini kerugian negera belum ada, siapa yang audit ini kan belum ada,” terang dia. []