Home / ACEH / Banda Aceh Juara Umum Porseni XVI

Banda Aceh Juara Umum Porseni XVI

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) XVI dan Expo Madrasah V di Kota Subulussalam resmi ditutup, Jum’at malam, 13 Juli 2018 di Lapangan Beringin Pusat Kota Subulussalam.

Pada penutupan tersebut selain diumumkan kontingen yang berhasil keluar sebagai juara, juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan kepada Walikota Subulussalam, H Merah Sakti sebagai tuan rumah Porseni XVI. Dimeriahkan pula dengan penampilan tarian daerah seperti Tari Ambe-Ambekeun, Tari Kreasi Baru dan Tari Dampeng.

Kontingen Kemenag Kota Banda meraih 19 emas, 9 perak dan 10 perunggu, disusul Kontingen Pidie Jaya yang memperoleh 12 emas, 8 Perak, dan 4 perunggu, selanjutnya Kontingen Pidie dengan perolehan 9 emas, 7 perak dan 9 perunggu. Sebelumnya Kontingen Kemenag Banda Aceh juga meraih juara umum pada Porseni XV tahun 2016 di Takengon.

Sementara Expo Madrasah juara pertama diraih Aceh Tengah, juara dua Banda Aceh dan di posisi ketiga Pidie.

Kakanwil Kemenag Aceh, Drs H M Daud Pakeh mengucapkan terimakasih kepada walikota dan masyarakat kota Subulussalam yang menjadi tuan rumah pelaksanaan Porseni tersebut.

Kenyamanan dan Keamanan yang kami rasakan selama di Kota Subulussalam cukuplah membuktikan betapa Walikota Subulussalam sangat fokus dan perhatian terhadap suksesnya acara Porseni XVI dan Expo Madrasah, “Sehingga tidak berlebihan kalau pada malam ini kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan terima kasih yang tak terhingga kepada Bapak Walikota Subulussalam dan seluruh masyarakat Subulussalam,” ungkap Kakanwil.

Selain itu Kakanwil menyebutkan selama berlangsungnya Porseni di Subulussalam semua berjalan dengan tertib dan lancar serta tetap menjunjung tinggi semangat sportivitas.

“Semoga semangat Porseni dan Expo Madrasah di Kota Subulussalam ini akan membangkitkan semangat siswa dan siswi madrasah serta karyawan/karyawati Kementerian Agama untuk terus berpacu menuju kesuksesan,” ujar Kakanwil.

Prestasi prestasi yang diukir oleh anak-anak kita pada hari ini merupakan hasil dari sebuah komitmen bersama antara Kementerian Agama dengan pemerintah daerah dalam bersinergi membangun dan mencerdaskan anak bangsa, selamat kepada yang telah berhasil sebagai pemenang, semoga ke depan lebih baik, lanjut Daud Pakeh.

Walikota Subulussalam, H Merah Sakti SH mengucapkan terimakasih atas kepercayaan dari Kemenag untuk menjadikan Kota Subulussalam sebagai tuan rumah Porseni XVI.

“Kami bersyukur sebagai kota bungsu pecahan dari Aceh Selatan seumur dengan Kabupaten Pijay mendapat kesempatan menjadi tuan rumah Porseni, hampir 10 ribu orang berkumpul di kota yang kami cintai dan banggakan ini,” ucap Merah Sakti.

Ajang dua tahunan tersebut diikuti 5.618 peserta mempertandingkan 100 cabang olahraga mulai tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), MTs (Madrasah Tsanawiyah) dan Madrasah Aliyah (MA) serta Karyawan Kemenag Kabupaten/Kota se Aceh. (rel)