Home / ACEH / Karya Monumental para Ulama Dihasilkan di Bulan Ramadhan

Karya Monumental para Ulama Dihasilkan di Bulan Ramadhan

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH– Kehadiran Bulan Suci Ramadhan harus dijadikan sebagai momentum untuk terus menempa dan meningkatkan kualitas diri, baik dalam hal ibadah maupun etos kerja. Penegasan tersebut disampaikan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf dalam Tausyiah Ramadhan 1439 Hijriah di Masjid Raya Baiturrahman, Senin malam 17 Mei 2018.

Dalam sejarah kehidupan ulama disebutkan bulan Ramadhan telah mendorong mereka mampu menyelesaikan karya-karya monumental pada bulan Ramadhan. Bahkan hasil yang mereka dapatkan sangat luar biasa jika dibanding dengan hasil-hasil karya modern belakangan ini.

Beberapa karya ulama Aceh yang dibuat di bulan Ramadhan adalah Mir’at At-Thulab karya Abdulrauf Al Fansuri, kitab Qatr An-Nida’ karya Abu Abdullah Jamaluddin Muhammad bin Yusuf bin Hisyam Al-Anshari, yang disalin pada bulan Ramadhan oleh Leube Adam Amud.

“Jadi, tradisi puasa yang disyari’atkan bagi umat Islam adalah spirit yang kuat dalam meningkatkan etos kerja. Sebab tingkat konsentrasi dan kesungguhan akan lebih bertambah terlebih keberkahan yang diberikan Allah,” imbuh Gubernur.

Oleh karena itu, Gubernur mengajak seluruh umat Islam, khususnya masyarakat Aceh untk memahami Ramadhan sebagai upaya membentuk pribadi yang profesional dan disiplin dalam berbagai bidang.

“Allah menjadikan Ramadhan sebagai ladang untuk beramal saleh. Maka umat Islam harus mampu memanfaatkannya. Sangat keliru jika etos kerja menurun dibanding dengan hari-hari di luar Ramadhan. Mari kita tingkatkan semangat dan ibadah kita agar meraih predikat Taqwa saat Ramadhan berlalu,” pungkas Gubernur Aceh.