Home / ACEH / 11 Pelanggar Syariat Islam Jalani Hukuman Cambuk

11 Pelanggar Syariat Islam Jalani Hukuman Cambuk

Warga menyaksikan hukuman cambuk di Masjid Baitul Musyahadah, Kota Banda Aceh, Senin, 11 September 2017. (Muhammad Fadhil/Klikkabar.com)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Sebanyak 11 pelanggar syariat Islam menjalani hukuman cambuk di Masjid Baitul Musyahadah, Kota Banda Aceh, Senin, 11 September 2017.

Hukuman cambuk ini dilakukan sesuai dengan Qanun Aceh No 6 Tahun 2014 Tentang Hukum Jinayat.

11 pelanggar itu terdiri dari 6 pelanggar dalam kasus ikhtilat atau mesum dan 5 pelanggar lainnya kasus maisir atau perjudian.

Prosesi hukuman cambuk itu disaksikan ratusan warga. Satu per satu terpidana dipanggil menuju panggung pesakitan. Di atas panggung berukuran 4 x 5 meter itu, satu per satu pelanggar dieksekusi oleh algojo.

Mereka yang dieksekusi yaitu M dan AE dengan hukuman 26 kali cambuk setelah dikurangi masa tahanan. Pasangan yang diketahui mahram ini ditangkap di sebuah tempat di Banda Aceh beberapa bulan lalu oleh warga dan kemudian diserahkan ke petugas.

Kemudian, P dihukum 22 kali cambuk, KA 27 kali cambuk, S 27 kali cambuk dan MA 28 kali cambuk.

Sementara terpidana dalam kasus maisir yaitu M dan R masing-masing dihukum 21 kali cambuk. Kemudian, MN 28 kali cambuk, MU 27 kali cambuk dan MJ 10 kali cambuk.

Kasatpol PP dan WH Banda Aceh, Yusnardi kepada wartawan mengatakan, prosesi cambuk ini merupakan yang keenam dilaksanakan pada tahun 2017 di wilayah Kota Banda Aceh.

“Rata-rata hampir setiap tahun itu 8 sampai 10 kali, mudah-mudahan ke depan semakin jarang, karena semakin jarang hukuman cambuk berarti semakin kecil pelanggaran,” ujar Yusnardi. []

REPORTER: MUHAMMAD FADHIL