Home / BERITA TERBARU / Ketika Tenggelam, Ini yang Terjadi Pada Tubuh Kita

Ketika Tenggelam, Ini yang Terjadi Pada Tubuh Kita

Ilustrasi

KLIKKABAR.COM, JAKARTA- Di dalam film digambarkan bahwa seseorang yang tenggelam akan meronta membuat banyak riak air. Padahal kenyataannya tidak seperti itu karena ketika tenggelam tubuh akan mati lemas kehabisan oksigen.

Sebuah video edukasi oleh Life Noggin menjelaskan pada kebanyakan kasus orang yang tenggelam mulut dan hidungnya akan tertutup air. Oleh karena itu orang yang tenggelam misalnya saat berenang sulit untuk dikenali karena dari kejauhan dia terlihat diam saja.

Pada saat seseorang yang tenggelam berusaha mencari udara, air kemungkinan akan mulai masuk dan memicu reaksi laryngospasm. Nah reaksi ini yang membuat pita suara mengencang menutup saluran udara demi melindungi paru-paru namun sekaligus juga membuat semakin sulit untuk berteriak minta tolong.

“Lama-lama suplai oksigen berkurang dan orang yang tenggelam pun akan terkena hipoksia membuat kesadarannya hilang. Tubuh masuk fase relaksasi sehingga air bisa mengisi paru-paru,” tutur Life Noggin seperti dikutip dari kanal resminya di Youtube, Kamis 12 Januari 2017.

“Tergantung berapa lama orang ini tidak sadarkan diri tanpa udara, berbagai kerusakan dapat terjadi pada tubuh. Sebagai contoh studi tahun 2013 menemukan bahwa kecil kemungkinan bisa selamat dengan sedikit atau tak ada kerusakan otak ketika sudah tenggelam selama lebih dari 10 menit,” lanjut Life Noggin.

Lebih jauh ketika seseorang tenggelam dalam suhu air yang dingin, ada juga kemungkinan terjadi hipotermia. Kondisi tersebut disebabkan oleh suhu tubuh yang berkurang di bawah 35 derajat celsius.

Pada situasi itu kemungkinan seseorang untuk selamat dari tenggelam justru bisa meningkat. Alasannya karena di dalam suhu yang dingin metabolisme tubuh akan melambat sehingga kecepatan kematian sel akibat kekurangan oksigen juga berkurang.(detik)