Uqubat Cambuk Ditonton Remaja, Illiza: Belum ada Aturan yang Melarang

-

- Advertisment -

Uqubat Cambuk Ditonton Remaja, Illiza: Belum ada Aturan yang Melarang

Jpeg
Hukuman cambuk (Muhammad Aliza/Klikkabar)

KLIKKABAR.COM BANDA ACEH – Pelaksanaan uqubat cambuk yang digelar di meunasah Gampong Rukoh, Selasa, 1 Maret 2016 dipadati ratusan warga. Di antara warga, terlihat para pelajar yang ikut menyaksikan uqubat cambuk terhadap 18 pelanggar qanun syariat itu.
Ditemui wartawan usai eksekusi uqubat cambuk, Wali Kota banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal mengatakan tidak ada aturan yang melarang remaja maupun anak-anak menonton eksekusi hukuman cambuk. Sejauh ini, katanya belum ada aturan hukum yang mengatur siapa saja yangboleh menyaksikan eksekusi hukuman cambuk ini.
“Kita tidak ada aturan sebenarnya umur berapa yang boleh liat eksekusi cambuk ini,” kata Illiza.
Tempat eksekusi hukuman cambuk hari ini memang berdekatan dengan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Rukoh. Tak ayal, para pelajar pun terlihat di antara ratusan warga yang memadati sekitar area eksekusi hukuman cambuk.
“Dalam Qanun belum diatur siapa saja yang boleh nonton. Mereka anak tadi sudah 15 tahun ke atas rata-rata, jadi boleh saja,” katanya.
Sebelumnya, saat menyampaikan kata sambutan sebelum uqubat cambuk, Illiza menekankan bahwa hukuman cambuk tak boleh hanya menjadi tontonan semata. Ia mengatakan para warga yang menyaksikan eksekusi cambuk ini harus menjadikan uqubat cambuk sebagai bahan pembelajaran dalam penegakan hukum syariat.
“Bukan siksaan tapi gerbang taubat nasuha, ini bukan tontonan tapi pembelajaran,” kata Illiza. []
REPORTER: MUHAMMAD ALIZA

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda