Demo Tunggal Warnai Pelantikan PPS Aceh Timur

-

- Advertisment -

Demo Tunggal Warnai Pelantikan PPS Aceh Timur

IMG_20160720_114158_HDR
Aksi unjuk rasa yang dilakukan di hadapan Ketua KIP Aceh dalam prosesi pelantikan anggota PPS Aceh Timur, Rabu, 20 Juli 2016. (Zamzami Ali/Klikkabar)

KLIKKABAR.COM, ACEH TIMUR – Prosesi pelantikan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Aceh Timur pagi tadi sempat diwarnai demontrasi tunggal yang dilakukan oleh Mahyudin Kubar, Keuchiek Kuala Leuge, Kecamatan Peureulak, Aceh Timur. Dalam aksi itu, Mahyudin yang mengaku mewakili sejumlah aspirasi keuchiek di Aceh Timur mengeluhkan perekrutan anggota penyelenggara pemilu yang dinilai tak transparan.
Dalam aksi itu, Mahyudin yang juga merupakan Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Aceh Timur tampil menyampaikan orasi tunggal untuk mengkritik proses rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).
“Kami berharap agar KIP Aceh transparan dalam perekrutan PPK dan PPS serta panwascam, dan untuk PPS sendiri harus lebih diprioritaskan kepada penduduk setempat,” ujar Mahyuddin Kubar.
Ia juga mengatakan bahwa sosialisasi yang dilakukan oleh KIP Aceh terkesan ditutupi seolah-olah dibiarkan menjadi rahasia. Hal ini dikarenakan waktu yang diberikan hanya satu hari sehingga mempersulit desa untuk mencari masyarakatnya yang memenuhi syarat.
“Bahkan ketika perpanjangan waktu diberikan, KIP Aceh tidak mengeluarkan surat edaran sehingga terkesan ditutupi dan dirahasiakan,” katanya.
Aksi tersebut dikatakan Mahyuddin sesuai dengan aspirasi yang disampaikan oleh beberapa keuchik di Aceh Timur yang menolak anggota PPS di desanya dikirim dari desa lain. Terlebih, katanya, ia saat ini juga menjabat sebagai Ketua Apdesi DPC Aceh Timur.
Sementara itu Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi, mengatakan akan menindaklanjuti aspirasi tersebut dan kemudian akan membuka peluang lagi bagi desa yang belum memiliki anggota PPS dan akan mendiskusikan hal tersebut bersama kecamatan yang desanya belum memiliki anggota PPS.
“Terima kasih atas masukan yang telah disampaikan. KIP Aceh berjanji akan membuka peluang kembali untuk seluruh keuchik agar mengirim peserta agar mengisi kekosongan anggota PPS di desanya,” kata Ridwan Hadi. []
REPORTER : ZAMZAMI ALI

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda