"Banyak LSM dan Aktivis yang Menentang Penerapan Syariat Islam"

-

- Advertisment -

"Banyak LSM dan Aktivis yang Menentang Penerapan Syariat Islam"

Seminar tentang implementasi qanun jinayah dan efektivitas penerapannya yang diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Timur Tengah, Minggu, 27 Maret 2016.
Seminar tentang telaah qanun jinayah dan efektivitas penerapannya yang diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Timur Tengah, Minggu, 27 Maret 2016.

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal, angkat bicara perihal penegakan syariat Islam di Banda Aceh. Meski kini sudah tampak lebih mudah dijalankan, katanya, penerapan syariat di Ibu kota Provinsi Aceh ini sesungguhnya penuh dengan tantangan.
Hal ini disampaikan Illiza saat menjadi pemateri dalam seminar tentang qanun jinayat Aceh dan efektivitas penerapan yang diselenggarakan oleh Ikata Alumni Timur Tengah, di Aula Mahkamah Syar’iyyah Aceh, Minggu, 27 Maret 2016.
Menurut Illiza, sejak awal menjabat sebagai Wakil Wali Kota pada 2007 lalu, Pemko Banda Aceh sudah bertekad untuk menegakkan syariat Islam. Dalam upaya itu, kata Illiza, Pemko menghadapi berbagai tentangan. Mereka yang menentang bahkan berasal dari internal masyarakat sendiri.
“Awal 2008 pemerintah Kota Banda Aceh sangat sulit untuk menerapkan karena banyak tantangan dengan masyarakat,” ujar wali Kota Banda Aceh.
Dalam dinamika selanjutnya, Illiza melanjutkan, proses penerapan syariat Islam juga tak berjalan mulus.
“Banyak LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) dan aktivis yang menentang penerapan syariat Islam karena alasan Banda Aceh tidak akan maju,” katanya.
Namun demikian, kata Illiza lagi, Banda Aceh akan terus mengupayakan penegakan hukum syariah. Hal ini dilakukan untuk menjaga warga Kota Madani untuk tetap berada dalam koridor kehidupan yang sesuai dengan ajaran agama.
“Kita menerapkan (syarit Islam) untuk menjaga umat yang ada di Kota Banda Aceh,” tegas Illiza. []
REPORTER: MUHAMMAD ALIZA

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda