Awal Tahun, Rupiah Diprediksi Menguat

-

- Advertisment -

Awal Tahun, Rupiah Diprediksi Menguat

rupiah-buka-tahun-diramal-berbalik-arah-menguat-CfE
Ilustrasi

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Laju rupiah pada hari ini di awal 2016 diperkirakan dapat menjadi momentum pembalikan arah menguat. Meski demikian, Kepala Riset PT NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada mengingatkan untuk tetap mencermati berbagai sentimen yang dapat mempengaruhi laju rupiah.
“Kenyataan yang harus diterima oleh rupiah, potensi laju penguatan jelang akhir tahun harus terganjal dengan mulai kembali naiknya laju USD,” jelasnya di Jakarta, Senin, 4 Januari 2016.
Dia juga menerangkan laju rupiah diprediksi masih terkena imbas pelemahan harga minyak mentah yang juga berimbas pada penurunan sejumlah harga komoditas. Menurutnya rupiah berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia akan berada pada rentang Rp13.770-Rp13.812/USD.
Sementara itu, meski dalam pekan terakhir tahun lalu harga minyak mentah mulai kembali naik, namun diutarakannya laju dolar Amerika Serikat (USD) belum menunjukan penurunan sehingga laju rupiah belum dapat beranjak dari teritori negatif akhir tahun lalu.
Akibatnya laju rupiah harus puas mengakhiri tahun 2015 di zona merah, berbeda dengan laju IHSG yang menguat di hari terakhir perdagangan tahun 2015. “Melemahnya EUR, NZD, JPY, dan INR turut berimbas negatif pada laju rupiah,” pungkasnya.(Sindo)

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda