Home / ACEH / Abu Paya Pasi : Perbub Aceh Timur Tentang Mazhab Imam Syafi’i Sudah Sangat Tepat

Abu Paya Pasi : Perbub Aceh Timur Tentang Mazhab Imam Syafi’i Sudah Sangat Tepat

 Tgk. H. M. Ali (Abu Paya Pasi).

Tgk. H. M. Ali (Abu Paya Pasi).

KLIKKABAR.COM, ACEH TIMUR- Tgk. H. M. Ali atau yang lebih dikenal Abu Paya Pasi mengatakan jika umat Islam berpegang kepada aliran Ahli Sunnah Waljamaah (Aswaja) dengan mazhab Imam Syafi’i, maka hal itu bisa diibaratkan seperti rumah yang sudah memiliki pagar.

“Jika rumah kita sudah ada pagar, maka Insya Allah rumah itu akan aman. Beginilah Islam di Aceh. Jika umat sudah mempunyai benteng maka Islam di Aceh bisa dipastikan akan aman,” kata Abu Paya Pasi usai Acara Penyantunan Kenduri Anak Yatim (PKAY) Ke-18 Tahun 2016 se Kecamatan Darul Aman di Masjid Baitul Muttaqin Idi Cut, Senin, 10 Oktober 2016.

Ulama kharismatik Aceh itu juga menilai, rencana akan dikeluarkannya Peraturan Bupati (Perbup) tentang aqidah umat Islam di Kabupaten Aceh Timur sesuai mazhab Imam Syafi’i sudah sangat tepat.

“Muncunya aliran-aliran sesat selama ini terjadi akibat dangkalnya pemahaman dan pengetahuan umat Islam tentang aliran Aswaja,” ujar Abu Paya Pasi.

Abu Paya Pasi juga menjelaskan bahwa dari dulu sejak Kerajaan Sultan Iskandar Muda, agama Islam di Aceh aman karena bermazhab dengan mazhab Imam Syafi’i dan beri’tikat dengan i’tikat Aswaja. Jadi, rencana dari Bupati Aceh Timur, H. Hasballah HM.Thaib yang ingin mengeluarkan Perbup tentang akidah umat Islam bermazhab Imam Syafi’i dinilai sudah sangat tepat.

Abu Paya Pasi juga menegaskan bahwa, setiap aliran-aliran yang sengaja dikembangkan dan ketauhidannya menyimpang dari Islam itu dapat dipastikan sesat. Apalagi belakangan mulai mencuat isu tentang ketidakpercayaan terhadap hadis Nabi Muhammad SAW.

“Jika ada kelompok yang tidak percaya terhadap hadis Rasulullah, maka itu merupakan bagian dari kesesatan karena Al Quran dan hadits adalah pokok aqidah umat Isalm,” tambah Abu Paya Pasi.

REPORTER : ZAMZAMI ALI