Home / BERITA TERBARU / Antara Habibie dan Jokowi

Antara Habibie dan Jokowi

Habibie dan jokowi

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Presiden ke-3 RI BJ Habibie terlihat merekahkan senyum di hari ulang tahunnya yang ke-80 ini. Senyum dan tawa hangat itu terus tersambung hingga acara buka puasa bersama dan potong tumpeng di rumahnya.

Didampingi keluarga, sahabat, murid, dan lainnya dia menyaksikan sebuah film biografi dirinya bertajuk ‘Rudy Habibie’ di XXI Epicentrum, Sabtu (25/6/2016). Setelah pemutaran film selesai, para undangan langsung diajak bertandang ke rumahnya di Jl Patra Kuningan XII, Jakarta Selatan untuk berbuka puasa bersama.

Para undangan itu terdiri dari sederet tokoh nasional hingga sineas yang telah mengambil peran dalam pembuatan film ‘Rudy Habibie’. Namun untuk acara di rumah, dihadiri pula oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Perayaan hari ulang tahun BJ Habibie (foto: Bagus Prihantoro Nugroho-detikcom)

Para tamu memenuhi rumah yang bertuliskan ‘Pendopo Habibie-Ainun’ tersebut. Semua antusias ketika acara pemotongan tumpeng yang dilakukan setelah salat magrib dimulai.

“Terima kasih kepada para tamu yang sudah datang dan mendoakan Bapak di hari ulang tahun beliau ini,” tutur anak Habibie, Ilham Habibie menyambut para tamu. Setelah itu dilakukan pembacaan doa yang dipimpin oleh Quraish Shihab.

Pemotongan tumpeng pun segera dilakukan setelahnya. Tampak Habibie mengajak Jokowi dan JK ke meja di tengah ruangan dalam rumahnya itu. Kemudian disusul Ilham Habibie, Akbar Tandjung, Jimly Asshiddiqie, dan beberapa lainnya.

Seorang asisten memberikan piring kecil dan sendok besar kepada Habibie. Dipegangnya piring dan sendok itu, kemudian perlahan didekatkan ke puncak tumpeng.

Tak besar memang tumpeng ulang tahun Habibie. Hanya nasi kuning dan lauk seadanya, seperti kering tempe yang berhias cabai merah besar.

Perlahan Habibie mengiris bagian atas tumpeng dan dipindahkan ke piring. Tak lupa, potongan cabai besar ditaruh di atasnya.

Rupanya potongan tumpeng itu diberikan kepada Jokowi. Dengan senyum, sambil agak menunduk, Jokowi menerima potongan tumpeng pertama dari Habibie.

“Terima kasih, Pak,” ungkap Jokowi.

Perayaan hari ulang tahun BJ Habibie (Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom)

Selanjutnya, Habibie kembali memotong tumpeng. Kali ini akan diberikan kepada Jusuf Kalla.

“Sambalnya yang banyak itu kalau Pak JK,” tutur Jokowi menghangatkan suasana. Para undangan pun tertawa.

“Kalau soal pedas, Pak Habibie juaranya,” kata JK kemudian. Habibie dan JK sama-sama berasal dari Sulawesi Selatan yang terkenal suka masakan pedas.

Perayaan hari ulang tahun BJ Habibie (Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom)

Tak sampai di situ, kehangatan juga masih terasa ketika potongan-potongan tumpeng berikutnya diberikan. Terlebih ketika diberikan untuk anaknya, Ilham Habibie.

“Selamat ulang tahun ke-80 kepada Pak Profesor BJ Habibie, semoga beliau diberikan panjang umur, diberikan kesehatan yang prima, dan kita ingin beliau tetap berikan inspirasi kepada kita semuanya,” tutur Jokowi setelah acara. (detik)