Home / ACEH / Tak Perlu Jauh-jauh ke Malaysia, Kini di Bireuen Juga Telah Ada…

Tak Perlu Jauh-jauh ke Malaysia, Kini di Bireuen Juga Telah Ada…

Jeumpa hospital

Dua dokter piket jaga di Rumah Sakit Jeumpa Hospital

KLIKKABAR.COM, BIREUEN – Kini warga Bireuen tidak perlu lagi untuk berobat jauh-jauh jika mengalami masalah di sendi lutut atau pun panggul, karena saat ini di Bireuen juga telah bisa melakukan operasi
penggantian sendi lutut atau disebut total knee replacement (TKR).

Jika selama ini warga Bireuen harus jauh-jauh berobat ke Malaysia, maka sekarang hal itu dapat dilakukan di Bireuen.

dr Delta Darussalam Effendi Sp.OT, yang ahli di bidang Orthopedi & Traumatologi mengatakan, “Alhamdulillah kita telah berhasil melakukan operasi pergantian sendi lutut maupun pinggul,” ujar dokter jebolan Universitas Syiah Kuala dan Brawijaya ini. Kamis 16 Juni 2016.

Penderita osteoarthritis lutut, tentunya akan mengalami penurunan kualitas hidup, karena disebabkan nyeri pada lutut secara terus-menerus dan tidak tertoleransi oleh obat-obatan lagi.

Ia juga mengatakan, operasi penggantian sendi lutut atau disebut total knee replacement (TKR) itu sendiri merupakan operasi yang sangat khusus pada bidang orthopedi, dimana target dari hasil operasi tersebut adalah memperbaiki kondisi sendi penderita hingga dapat beraktifitas normal serta kembali produktif.

“Menangani cedera secara medis pada banyak kasus kecelakaan maupun kekerasan sering menimbulkan kecacatan. Hal ini dapat terjadi dikarenakan tidak tepatnya penanganan medis yang didapat. Kecacatan sendiri akan mengakibatkan menurunnnya kualitas hidup seseorang,” lanjut dr Delta.

Penanganan medis yang tepat dan cermat sangat dibutuhkan demi mencapai angka kesembuhan yang baik sehingga dapat mengembalikan penderita kembali produktif seperti sedia kala, pungkasnya.

dr Delta Darussalam Effendi Sp.OT, yang ahli di bidang Orthopedi & Traumatologi

dr Delta Darussalam Effendi Sp.OT, yang ahli di bidang Orthopedi & Traumatologi

Saat ini, di Bireuen telah ada dua rumah sakit yang siap melakukan operasi tersebut, yakni Rumah Sakit Umum Fauziah dan Rumah Sakit Jeumpa Hospital.

Kedua rumah sakit ini telah beberapa kali melakukan operasi pergantian sendi lutut maupun pinggul. Sehingga orang tua sekalipun mampu kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Sementara itu, dr Hulaimi Jeunib yang merupakan Direktur di Rumah Sakit Jeumpa Hospital mengungkapkan, warga Bireuen atau masyarakat Aceh tidak perlu lagi untuk jauh-jauh berobat ke Malaysia, karena kini operasi sendi lutut dan pinggul dapat dilakukan di Bireuen, dengan kualitas yang sama dengan di Malaysia.

“Rumah Sakit Jeumpa Hospital berkomitmen menyediakan layanan Traumatologi Corner, Layanan Traumatologi  dan Ortophedi pada prinsipnya memberikan pelayanan yang paripurna terhadap penderita. Mulai dari ketersediaan Sumber Daya Tenaga Medis Ahli hingga infrastruktur penunjangnya dengan mengedepankan keamanan serta kenyamanan bagi pasien dan keluarga,” kata Hulaimi.

Direktur Rumah Sakit Jeumpa Hospital dr Hulaimi Jeunib bersama sejumlah tenaga medis

Direktur Rumah Sakit Jeumpa Hospital dr Hulaimi Jeunib bersama sejumlah tenaga medis

Traumatologi Corner  adalah salah satu progam unggulan dari Jeumpa Hopital  dimana progam ini berkonsetrasi pada pengangan pasien-pasien cedera baik oleh kecelakaan lalulintas maupun kekerasan lainnya.

Program ini sendiri dipimpin oleh dr Delta, Sp.OT, Yang merupakan seorang dokter bedah Ortophedi dan traumatologi. Satu-satunya di wilayah Kabupaten Bireuen – Aceh Utara. (adv)