Home / ACEH / KIP: Kebutuhan Pilkada Aceh Utara 80 Milyar

KIP: Kebutuhan Pilkada Aceh Utara 80 Milyar

095831500_1438749995-pilkada-serentak-4-yos-150805

Ilustrasi

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Kebutuhan anggaran untuk penyelenggaraan pemilihan kepala daerah serentak 2017 di Aceh Utara mencapai sekitar 80 milyar rupiah. Porsi terbesar dari jumlah tersebut terserap untuk honorarium panitia penyelenggara pemilihan hingga ke level terendah serta kebutuhan alat peraga kampanye calon pasangan yang maju.

Hal ini dikatakan Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara Jufri Sulaiman saat dihubungi klikkabar.com, Senin, 25 Januari 2016.

“70 persen dari total anggaran untuk kebutuhan honorarium KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) dan alat peraga kampanye,” kata Jufri.

Menurut Jufri, anggaran itu untuk menutupi kebutuhan penyelenggaraan pemilu di 852 gampong (desa) di Aceh Utara. Jumlah gampong yang banyak ini membuat panitia penyelenggara pemilu dan kebutuhan alat peraga menjadi membengkak.

“Berbeda dengan pemilu sebelumnya, alat peraga kampanye calon kepala daerah pada pilkada 2017 ditanggung oleh penyelenggara (KIP). Jadi salah satu porsi anggaran terbesar untuk alat peraga calon kepala daerah.”

“30 persen anggaran lainnya untuk bimbingan teknis, sosialisasi tahapan pemilihan kepada masyarakat, uji baca al-quran, persiapan jika nanti muncul sengketa atau gugatan hasil pilkada baik ke PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negeri) maupun MK (Mahkamah Konstitusi),” tambahnya lagi.

Dibanding pemilu sebelumnya, jumlah anggaran ini membengkak sekitar sekitar 30 milyar. Pada pemilu 2012, anggaran pilkada Aceh Utara berada pada kisaran 50 milyar.

Namun demikian, Jufri masih belum mengetahui berapa anggaran pasti yang dialokasikan pemerintahan daerah setempat untuk KIP Aceh Utara. []