Home / BERITA TERBARU / Awas, Jangan Remehkan Bila Ada Tanda Ini di Leher

Awas, Jangan Remehkan Bila Ada Tanda Ini di Leher

Jangan-Remehkan-Bila-Ada-Tanda-Ini-di-Leher-Anda
KLIKKABAR.COM – Cara mendeteksi penyakit serius memang tidak mudah. Seringkali Anda terlambat mengetahui tanda – tanda suatu penyakit serius menyerang. Karena sulitnya mengetahui cara mendeteksinya, seringkali Anda baru pergi ke dokter saat penyakit sudah menjadi serius.
Padahal, dengan mengetahui gejala atau tanda- tanda dari suatu penyakit terlebih dahulu akan membantu Anda mengatasi dan mencegah terjadinya penyakit yang serius. Dengan mengetahui tanda- tanda yang terlihat dari suatu penyakit, maka Anda akan melakukan langkah- langkah pencegahan.
Salah satu tanda dari penyakit serius yang perlu Anda ketahui adalah tanda di leher berikut ini. Bila terdapat tanda berikut ini di leher Anda, maka itu adalah tanda – tanda penyakit yang serius. Sebelum penyakit menjadi semakin parah, lakukan pencegahan dengan tepat. Bagi Anda yang penasaran, berikut penjelasannya.
Kanker, adalah salah satu penyakit serius yang telah banyak menelan korban jiwa. Tidak hanya satu, namun kanker terdiri dari beberapa jenis penyakit. Salah satunya yaitu kanker jenis kanker tiroid. Tercatat ada sekitar 62.450 kasus kanker tiroid yang terjadi di sepanjang tahun 2015. Kanker tiroid memang berbahaya dan serius. Anda wajib mengetahui tanda – tanda dari penyakit ini, agar dapat melakukan langkah – langkah pencegahan.
Apa itu kanker tiroid? Tiroid adalah kelenjar yang berbentuk seperti kupu – kupu kecil dan terletak di bagian depan leher Anda. Tiroid berfungsi menghasilkan hormon yang dapat mempengaruhi seluruh tubuh, mulai dari metabolisme, suhu tubuh, detak jantung, dan mengatur energi Anda. Anda dapat membayangkan bagaimana tiroid sangat bermanfaat bagi tubuh. Dalam kadar normal, tiroid memang bermanfaat. Namun, jika tiroid bekerja berlebihan atau kekurangan, maka akan menjadi sebuah permasalahan. Dengan bekerja secara berlebihan, maka tiroid akan menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid, dan begitupun sebaliknya.
Langkah – langkah mudah mendeteksi kanker tiroid :
  • Siapkan sebuah cermin dan segelas air mineral
  • Miringkan sedikit kepala Anda, dan menghadap ke arah kaca
  • Minum air mineral yang telah disediakan, dan telan air tersebut
  • Perhatikan leher Anda, saat air memasuki tenggorokan
  • Perhatikan dengan cermat, apakah terlihat benjolan atau pembengkakan saat air masuk ke dalam tenggorokan
Jika setelah melakukan hal di atas, lalu Anda melihat adanya sesuatu yang membengkak atau benjolan, jangan panik. Yang harus Anda lakukan adalah segera melakukan konsuktasi dan pemeriksaan ke rumah sakit atau klinik.
Jika Anda mendapat hasil diagnosa positif kanker tiroid, tetaplah bersyukur karena Anda memiliki kesempatan untuk mengatasinya lebih awal. Kanker tiroid, tidak berbahaya dalam lima sampai sepuluh tahun mulai dari saat diagnosa pertama. Namun, terkadang tiroid mengalami pembengkakan. Dengan mengetahui lebih awal, maka Anda dapat melakukan penyembuhan dan pencegahan penyakit ini menjadi serius. Semoga bermanfaat. (vv)