Home / ACEH / Jamaah Syattariah di Nagan Raya Sudah Rayakan Idul Adha

Jamaah Syattariah di Nagan Raya Sudah Rayakan Idul Adha

Jamaah Tarekat Syattariah melaksanakan shalat Idul Adha di halaman Masjid Syaikhuna Habib Muda Seunagan di Desa Peleukung, Seunagan Timur, Nagan Raya, Aceh, Sabtu (10/8/2019). (Syifa Yulinnas/Antara Foto)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Jamaah Tarekat Syattariah merayakan Hari Raya Idul Adha 1440 H hari ini, Sabtu, 10 Agustus 2019 atau lebih awal sehari dari penetapan Kementerian Agama RI pada 11 Agustus besok.

Jamaah melaksanakan sahalat ied di halaman Masjid Syaikhuna Habib Muda Seunagan di Desa Peleukung, Seunagan Timur. Juga di Masjid Pulo Ie Rambong, Kecamatan Seunagan, Nagan Raya, Aceh.

Perhitungan hari raya qurban ini berdasarkan metode hisab Urfi Khumasi atau bilangan lima dalam kitab Tajul Muluk yang dianut oleh jamaah Syattariah.

Dilansir dari laman Antara, penetapan tersebut juga berdasarkan kesepakatan bersama yang disepakati oleh para alim ulama, pimpinan dayah/pesantren, para khalifah dan Abu Habib Qudrat selaku pemegang amanah Abu Habib Muda Seunagan.

Selain di Peuleukung, Kecamatan Seunagan Timur, pelaksanaan ibadah shalat ied tersebut juga dilaksanakan

Dilansir laman Wikipedia, Tarekat Syattariyah adalah aliran tarekat yang pertama kali muncul di India pada abad ke-15. Tarekat ini dinisbahkan kepada tokoh yang memopulerkan dan berjasa mengembangkannya, Abdullah asy-Syattar.

Sementara itu, Habib Muda Seunagan merupakan salah satu ulama besar di masa peperangan Aceh saat melawan Belanda. Karena jasa-jasanya, ia pernah dianugerahkan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama oleh Pemerintah Indonesia.

Lihat Juga: Salah Kaprah Tari Saman

6 Peraturan di Aceh yang Bikin Heboh

Gara-gara Pilpres, Empat Warga Aceh Lebaran di Penjara