Home / ACEH / JCH Aceh Menetap di Syisyah, Ini Kode Bus ke Masjidil Haram

JCH Aceh Menetap di Syisyah, Ini Kode Bus ke Masjidil Haram

Kepala Humas PPIH Embarkasi Aceh, Muhammad Nasril, Lc, MA (tengah) saat bersama Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin (kiri). (foto: facebook)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Sebanyak 393 Jamaah Calon Haji (JCH) kloter 01 Embarkasi Aceh telah berada di Mekkah, tepatnya di wilayah Sysyah sejak Minggu (21/7/2019). Tak hanya kloter 01 tapi seluruh jamaah haji Aceh akan menempati hotel di wilayah Sysyah.

Sebagaimana tahun sebelumnya, jamaah calon haji Indonesia di Mekkah difasilitasi sarana transportasi khusus jamaah Indonesia untuk perjalanan menuju Masjidil Haram dan sebaliknya, sehingga memudahkan jamaah ke kawasan tersebut dan tidak perlu naik mobil sewa.

Berbeda dengan tahun lalu yang hanya menyediakan bus shalawat bagi jamaah yang tinggal di hotel radius lebih dari 1,5 Kilometer, tahun ini seluruh jamaah Indonesia difasiltasi bus shalawat mulai dari yang menetap di hotel terdekat dengan Masjidil Haram hingga yang terjauh.

Bagi jamaah haji asal Aceh yang seluruhnya ditempatkan di wilayah Sysyah, maka perlu mengingat bahwa bus yang melayani wilayah Sysyah adalah bus dengan kode nomor delapan.

“Bus shalawat yang bergambar bendera merah putih dengan nomor 8, itulah yang akan melayani jamaah Aceh di Sysyah menuju Masjidil Haram dan sebaliknya,” demikian informasi yang diterima Humas PPIH Embarkasi Aceh, Muhammad Nasril, Lc, MA dari salah seorang petugas haji Indonesia di Arab Saudi asal Aceh yang bertugas pada bagian transportasi, Darwin, SE, Senin (22/7/2019) malam.

Nasril menjelaskan bahwa posisi halte bus shalawat di Syisyah 2 ada 6 halte yaitu halte 1 depan hotel 230, halte 2 depan hotel 234, halte 3 depan hotel 206, halte 4 depan hotel 201, halte 5 depan hotel 229 dan halte 6 di depan hotel 228.

Sementara untuk Jamaah Calon Haji asal Embarkasi Aceh, petunjuk halte adalah sebagai berikut; jamaah Aceh dari hotel No 219, 220 dan 221, Halte Bus Shalawat berada di halte 1, lokasi di depan Hotel 230.

“Jamaah Aceh dari hotel No 222 sampai dengan 228, halte bus shalawat berada di halte 6, lokasi di depan hotel no 228,” jelas Nasril.

Pengurus Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh itu berharap informasi tersebut dapat bermanfaat bagi jamaah atau keluarga serta kerabat untuk saling membantu mengingatkan, supaya tidak keliru dalam menggunakan jalur rute bus shalawat selama di Mekkah.

“Yang terpenting diingat jamaah calon haji Aceh adalah bus shalawat bergambar bendera Indonesia, dan ada kode bus angka 8, kemudian diingat titik lokasi halte sesuai yang terdekat dengan hotel,” katanya. []