Home / ACEH / 9 Polisi Aceh Timur Dituntut 10 hingga 17 Tahun Penjara

9 Polisi Aceh Timur Dituntut 10 hingga 17 Tahun Penjara

Sidang kasus penggelapan barang bukti narkotika jenis sabu oleh oknum Polres Aceh Timur di PN Idi, Kamis (11/7). (Zamzami Ali/Klikkabar.com)

*Kasus Penggelapan Barang Bukti Narkotika

KLIKKABAR.COM, ACEH TIMUR – Kasus penggelapan barang bukti narkotika jenis sabu-sabu yang menyeret sejumlah oknum polisi di Kepolisian Resort Aceh Timur, kini memasuki babak baru.

Setelah menjalani rangkaian persidangan mulai dari sidang perdana pada Kamis (21/3/2019) lalu, sembilan oknum polisi yang diduga terlibat menggelapkan barang terlarang tersebut, menjalani sidang tuntutan.

Sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Idi pada Kamis (11/7) kemarin dipimpin oleh Irwandi, SH, serta hakim anggota Khalid, SH dan Andy Effendi, SH. Sidang dimulai sekira pukul 14.30 WIB dan dihadiri oleh sejumlah rekan serta istri para terdakwa.

Baca Juga: Para Terdakwa Kasus Penggelapan Sabu Baca Pledoi Sambil Menangis

Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Aceh Timur menghadirkan seluruh terdakwa yang berjumlah 12 orang,  terdiri dari 9 oknum polisi dan 3 lainnya dari kalangan sipil.

Setelah proses pemeriksaan dan berdasarkan fakta di persidangan, terungkap bahwa 5 oknum Satuan Reserse Narkoba, 3 oknum Satuan Polair dan 1 oknum Polsek Banda Alam, bermufakat untuk mengambil 3 kg sabu sitaan dari jumlah total 22 kg yang diamankan pada Maret 2018 lalu di kawasan Kuala Idi.

Sabu-sabu tersebut kemudian dijual dan uangnya digunakan para terdakwa untuk membiayai berbagai keperluan pribadi seperti merenovasi rumah, membeli handphone, motor hingga membeli mobil serta melakukan traveling ke luar kota.

Baca Juga: Kasus Penggelapan Sabu, 8 Polisi di Aceh Timur Sidang Perdana

Kepala Seksi Tindak Pidana Umum Kejari Aceh Timur, Muliana, SH, kepada Klikkabar.com mengatakan, 3 oknum Sat Polair dituntut hukuman pidana 10 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsidair 6 bulan penjara.

“Untuk 5 oknum Satuan Reserse Narkoba, 1 anggota polsek dan 3 warga sipil, dituntut hukuman pidana 17 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsidair 6 bulan penjara,” kata Muliana.

Sementara itu salah satu penasehat hukum terdakwa, Arif Fadillah, SH, mengatakan akan mempersiapkan pledoi (pembelaan) dari klien yang selama ini didampinginya untuk dibacakan di persidangan lanjutan yang akan digelar pada Senin (15/7) mendatang.

“Kita akan persiapkan pembelaan untuk 2 klien yang kami dampingi,” katanya.

Lihat Juga: 2 Gadis dan 3 Pemuda di Aceh Pesta Sabu

3 Polisi dan Wanita Cantik Pesta Sabu di Kamar Hotel

Parah, 2 Pemuda Ini Curi Kotak Amal Masjid untuk Pesta Sabu