Home / BERITA TERBARU / PELNI Layari Tol Laut Belawan-Aceh

PELNI Layari Tol Laut Belawan-Aceh

Ilustrasi tol laut. (Antara Foto)

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – PT PELNI mendapatkan penugasan tol laut rute T-1 Belawan-Lokseumawe-Malahayati-Sabang, dan Tapaktuan. Penugasan tersebut sebagai upaya membangun konektivitas jalur laut dari Belawan ke pulau terdepan Indonesia, yaitu Pulau Sabang.

Penugasan rute T-1 ini dilayani dengan KM Caraka Jaya Niaga (CJN) III-32 berkapasitas 115 kontainer. Kapal buatan dalam negeri telah disiapkan PELNI di Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara  dan siap memfasilitasi para pengusaha dari  Sumatera Utara dan pengusaha Aceh yang akan mengirimkan barang dari Belawan, Malahayati, Banda Aceh hingga ke Pulau  Sabang secara langsung.

Selain melayani rute Natuna dan Sabang, PELNI juga rute T-5  dari Tahuna-Lirung-Melangkuane-Talaud dan  rute tol laut H1+T-10 dari Tanjung Perak-Makassar-Bitung–Tidore-Morotai-Buli-Maba-Gebe-Tidore-Tanjung Perak dengan KM. Logistik Nusantara 2 dan KM. Logistik Nusantara 3.

Kapal Tol Laut tidak langsung ke Tahuna sejak Pelabuhan Bitung menjadi Hub,  penghubung untuk selanjutnya barang dipindah dengan KM. Kandhaga Nusantara I dengan rute Bitung-Tagulandang-Tahuna-Melanguane-Miangas-Bitung.

Sebagai BUMN transportasi laut, PELNI menjalankan fungsi sebagai agen pembangunan dan juga melayani masyarakat  melalui penugasan dari pemerintah, salah satunya penugasan untuk mengoperasikan kapal tol laut yang diluncurkan sejak 4 November 2015.

Untuk pembukaan rute Belawan-Lokseumawe-Malahayati-Sabang dan Tapak Tuan PELNI telah menyiapakan 1 kapal. PELNI terus berupaya menjalin komunikasi dengan Pemerintah Daerah di daerah tujuan tol laut untuk sosialisasi dan memberikan pemahaman kepada pemda dan para pengusaha daerah untuk memnafaatkan tol laut sebagai solusi menekan disparitas harga di daerah T3P.