Home / BERITA TERBARU / China Bantah Kirim Kapal Perang ke Selat Malaka

China Bantah Kirim Kapal Perang ke Selat Malaka

Kapal induk China, Liaoning dan armada tempurnya saat mendekati wilayah Taiwan, pada Rabu 11 Januari 2017. (Foto: Reuters)

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, membantah informasi tentang rencana China untuk mengirim kapal perang ke Selat Malaka. Pengerahan kapal perang itu untuk mengawal kapal-kapal asal China.

Menurut pemberitahuan dari Kementerian Transportasi dilansir dari laman Sindonews, tingkat keamanan untuk kapal-kapal China yang berlayar melalui Selat Malaka telah ditingkatkan menjadi yang tertinggi, Level Tiga.

Rumor itu mengatakan bahwa Beijing akan mengirim kapal perang ke daerah itu untuk mengawal kapal-kapal asal China, seperti yang diklaim oleh beberapa laporan media.

Baca Juga: Kapal Induk China Mendekat, Malaysia Siaga

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Chian, Geng Shuang mengatakan, pemberitahuan tersebut dikeluarkan sesuai dengan perjanjian internasional yang relevan dan peraturan domestik China sebagai langkah untuk merespons risiko yang mungkin terjadi, untuk memastikan keamanan navigasi kapal yang relevan.

Meski begitu, Geng menolak rumor pengerahan kapal perang ke Selat Malaka untuk mengawal kapal-kapal asal China. Ia menyebut rumor tersebut sebagai kabar angin yang tidak berdasar seperti dikutip dari Xinhua, Rabu (10/7/2019).

Selat Malaka adalah salah satu rute transit utama menuju Laut China Selatan (LCS), yang diperebutkan seluruhnya atau sebagian oleh China, Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Vietnam.

Jalur perairan yang diperebutkan itu selama ini ditaksir menghasilkan sekitar USD 5 triliun melalui perdagangan kapal yang lewat setiap tahun.