Home / ACEH / Kemenag Minta DPR Aceh Tinjau Kembali Rencana Legalkan Poligami

Kemenag Minta DPR Aceh Tinjau Kembali Rencana Legalkan Poligami

Ilustrasi poligami. (Internet)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Aceh meminta kepada DPR Aceh untuk meninjau kembali rencana melegalkan poligami.

“Mengenai poin dalam qanun (Hukum Keluarga) tersebut tentang upaya pelegalan poligami, tentu penggunaan kata kata ini perlu ditinjau kembali,” kata Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Aceh, Hamdan, dalam siaran pers diterima Klikkabar.com, Minggu (7/7/2019) tadi malam.

Menurut Hamdan, hal tersebut perlu ditinjau karena poligami sudah legal dalam Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang pernikahan dan juga dalam Kompilasi Hukum Indonesia (KHI), asal memenuhi syarat.

“Bisa dilihat lagi UU tentang itu, di sana  sudah dibahas tuntas,” saran Hamdan.

Baca Juga: Aceh Rencana Legalkan Poligami

Oleh karena itu, Kemenag Aceh menyarankan DPRA bersama tim fokus pada pembahasan lain, seperti pendidikan pra nikah bagi calon pengantin dan poin-poin lainnya yang termaktub dalam rancangan Qanun.

“Jadi, kemenag Aceh tetap berpegang pada aturan perundang-undangan yang berlaku, apalagi DPRA baru sebatas menyusun draf belum disahkan dan disetujui oleh pemerintah RI menjadi qanun,” sebut Hamdan.

Meski demikian, kata Hamdan, Kemenag Aceh mendukung rancangan Qanun Keluarga yang sedang disusun DPRA tersebut.

“Kemenag Aceh mendukung lahirnya qanun tersebut, apalagi di dalamnya memuat beberapa hal seperti kursus pra-nikah, perkawinan, syarat administratif, meminang perempuan, soal mahar, perceraian, wajib belajar Al Qur an dan harta warisan,” katanya. []