Home / ACEH / Bimbingan Perkawinan di Aceh Meningkat, Capai 18 Ribu Pasang

Bimbingan Perkawinan di Aceh Meningkat, Capai 18 Ribu Pasang

Ilustrasi, mempelai pria memasangkan cincin kawin ditengahi penghulu usai ijab kabul digelar antara kekak 70 tahun dengan gadis 25 tahun di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Sabtu (22/4/2017). (Kompas.com)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Bimbingan perkawinan (Bimwin) di Provinsi Aceh terus meningkat. Untuk tahun 2019 ada 18.500 pasang yang akan dibekali pengetahuan perkawinan.

“Untuk Provinsi Aceh, peningkatannya cukup besar. Tahun lalu ada 8000 pasang calon pengantin yang mengikuti bimbingan, sedangkan tahun ini Insya Allah sampai 18.500 pasang,” kata Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Aceh, Hamdan, dalam siaran pers diterima Klikkabar.com, Minggu (7/7/2019) tadi malam.

Dengan adanya bimbingan itu, Hamdan berharap calon pengantin bisa mengerti tentang ilmu perkawinan, hukum dan masalah keluarga.

“Tujuannya agar mereka mampu dan sanggup menghadapi segala problema dan konflik dalam berumah tangga. Karena kecenderungan terakhir keluarga rentan sekali untuk melakukan perceraian,” jelasnya.

Baca Juga: Masyarakat Aceh Diminta Tolak Nikah Siri

Hamdan menambahkan, pemerintah khususnya Kanwil Kementerian Agama berkeinginan agar bimbingan perkawinan yang dilaksanakan di kabupaten/kota ini bisa berjalan sesuai juknis.

“Semoga pemateri yang ditampilkan memenuhi persyaratan dan diharapkan semua pihak melaksanakan kegiatan tersebut secara maksimal mengingat kegiatan ini baru berjalan tiga tahun terakhir. Kami dari kanwil juga akan terus melakukan monitoring dan pendampingan,” tambahnya.

Berdasarkan laporan dari Kankemenag kabupaten/kota, hampir seluruh Aceh telah melaksanakan bimbingan perkawinan secara bertahap. []

Baca Juga: Kemenag Minta DPR Aceh Tinjau Kembali Rencana Legalkan Poligami

Konser Base Jam di Aceh Dibubarkan Paksa, Kadisbudpar Bungkam