Home / BERITA TERBARU / 5 Tanda Perusahaan Segera Bangkrut

5 Tanda Perusahaan Segera Bangkrut

Ilustrasi karyawan.

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Untuk melihat apakah perusahaan sehat atau bangkrut, ada proses yang terjadi secara perlahan dan pasti.

Mengetahui tanda atau ciri kebangkrutan perusahaan sejak awal akan memberikan Anda kesempatan untuk mencari kerja di tempat baru.

Berikut ini tanda-tanda perusahaan akan bangkrut dikutip dari Popular, Senin (8/7/2019).

  1. Gaji Tak Lancar

Ini bisa menjadi parameter sederhana untuk melihat kesehatan perusahaan. Ketika gaji mulai telat dibayarkan, atau justru tidak dibayar sama sekali, ini salah satu tanda awal perusahaan menuju kebangkrutan.

  1. Mengurangi fasilitas kantor

Fasilitas kantor seperti kendaraan, peralatan kerja bahkan alat-alat hiburan biasanya disediakan perusahaan untuk mendukung kinerja. Kalau kantor kamu mulai mengurangi fasilitas cari tahu terlebih dahulu alasannya pada HRD atau atasan.

  1. Cash Flow yang Rendah

Cash flow yang rendah biasanya disumbang oleh penjualan yang rendah. Kesulitan bersaing dengan kompetitor, bisa menyebabkan penjualan menurun, marjin keuntungan tergerus, hingga produk betul-betul menyumbangkan kerugian, karena terpaksa harus dijual dibawah ongkos produksi.

  1. Besarnya Pinjaman Kepada Pihak Ketiga

Pinjaman yang besar, biasanya diperoleh pada saat perusahaan optimis, dan dikalkulasi mampu meningkatkan laba perusahaan secara dramatis.

Nah biasanya, keputusan semi spekulasi ini, yang membawa perusahaan akhirnya harus menanggung beban bunga pinjaman yang terus menggerus laba bahkan menyebabkan perusahaan harus membayar bunga dari modal alias aset.

  1. Tak Punya Rencana Cadangan

Setiap perusahaan yang sehat dan berkembang, selalu memiliki rencana dan strategi untuk menghadapi tantangan yang ada. Ketika perusahaan tak memiliki rencana atau strategi yang jelas maka tentu saja tinggal menunggu kehancurannya.