Home / ACEH / Penderita HIV AIDS di Aceh Utara Meningkat Tajam, Capai 104 Kasus

Penderita HIV AIDS di Aceh Utara Meningkat Tajam, Capai 104 Kasus

Ilustrasi: Tenaga kesehatan mengambil sampel darah seorang waria saat dilakukan tes HIV AIDS di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (3/10/2014). Tes HIV AIDS dilakukan untuk mengetahui sejak dini apakah seseorang terinveksi virus atau tidak agar mendapatkan perawatan sesegera mungkin. (Foto: Antaranews/Mohamad Hamzah)

KLIKKABAR.COM, ACEH UTARA – Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara merilis laporan penderitas penyakit HIV/AIDS di kabupaten tersebut mengalami peningkatan dan secara umum penderitanya berusia 20 hingga 29 tahun.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh Utara Achriani Fitri, Jumat 5 Juli 2019 mengatakan, hingga bulai Mei 2019 tercatat 104 kasus yang ditemukan.

“Kasus ini mengalami peningkatan dan secara umum penderitanya adalah kalangan remaja. Apabila ditotal keseluruhan dari tahun 2007 hingga Mei 2019, maka telah mencapai 104 kasus,” ujar Achriani Fitri.

Apabila di rincikan berdasarkan jenis kelamin, maka terdapat 66 pria dan 38 wanita. Secara mayoritas penyebaran penyakit tersebut berada di Kecamatan Dewantara, disusul Baktiya, Lhoksukon, Muara Batu dan Meurah Mulia.

“Kami terus mengupayakan agar penyebaran penyakit tersebut cepat terpantau, sehingga bisa langsung mendapatkan tindakan medis dan tidak sampai menular kepada orang lainnya,” tutur Achriani. (Tagar.id)