Home / ACEH / Aceh Rencana Legalkan Poligami

Aceh Rencana Legalkan Poligami

Ilustrasi poligami. (Internet)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Kabar gembira buat para laki-laki di Aceh. Saat ini, pemerintah provinsi setempat sedang menggodok rencana melegalkan poligami atau menikah lebih dari satu di daerah yang dijuluki Serambi Mekkah ini.

Rencana itu saat ini sedang dibahas oleh Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA). Selain poligami, juga dibahas tentang perkawinan, meminang perempuan, mahar, perceraian, harta warisan dan lain-lain. Semua itu masuk dalam Rancangan Qanun Hukum Keluarga.

“Saat ini kita sedang menggodok Rancangan Qanun Hukum Keluarga. Dalam Raqan itu, salah satu bab membahas tentang melegalkan poligami, jadi bukan poligami saja yang kita bahas, ini perlu dijelaskan biar jangan salah persepsi,” kata Wakil Ketua Komisi VII DPRA, Musannif pada Klikkabar.com, Sabtu (6/7/2019).

Dia menjelaskan, draf Raqan itu merupakan usulan dari pemerintah Aceh, yakni Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh. Sementara legislatif ditugaskan untuk membahasnya.

“Raqan tersebut sudah masuk Prolega pada akhir 2018 dan mulai dibahas awal 2019, Komisi 7 yang membidangi agama dibebankan untuk membahas Rancangan Qanun tersebut,” jelas Musannif.

Sebelum disahkan, Rancangan Qanun itu akan terlebih dahulu diuji melalui Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) pada 1 Agustus 2019 nanti. Dalam rapat itu, semua pihak dilibatkan termasuk LSM-LSM yang sering meneriaki gender.

“Semua pihak kita libatkan, supaya Raqan ini sempurna sebelum disahkan,” katanya. []