Home / ACEH / Mualem Klarifikasi soal Wacana Referendum

Mualem Klarifikasi soal Wacana Referendum

H. Muzakir Manaf (Mualem). (Zamzami Ali/Klikkabar.com)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Eks Panglima GAM, Muzakir Manaf alias Mualem mengklarifikasi pernyataannya terkait wacana referendum.

Klarifikasi itu disampaikan melalui sebuah rekaman video. Kini, video itu sudah mulai viral di media sosial.

Dalam video yang berdurasi 1 menit 17 detik itu, Wakil Gubernur Aceh periode 2012-2017 ini mengatakan bahwa referendum yang ia suarakan beberapa waktu lalu di Banda Aceh tidak mewakili rakyat Aceh.

“Saya Muzakkir Manaf selaku Ketua PA/KPA menyatakan sebagai berikut. Pertama, bahwa menyatakan saya tentang referendum tidak mewakili rakyat Aceh. Saya lakukan hal tersebut secara spontan kebetulan pada even haul meninggalnya Teungku Hasan Muhammad Di Tiro,” kata Mualem, di awal video itu.

Belum diketahui siapa yang rekam dan apa yang memotivasi Mualem mengklarifikasi pernyataannya tersebut. Video tersebut dapat dinonton di (sini).

Berikut bunyi pernyataan lengkap Mualem dalam video tersebut:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya Muzakkir Manaf selaku Ketua PA/KPA menyatakan sebagai berikut. Pertama, bahwa menyatakan saya tentang referendum tidak mewakili rakyat Aceh. Saya lakukan hal tersebut secara spontan kebetulan pada even haul meninggalnya Teungku Hasan Muhammad Di Tiro.

Kedua, bahwa saya menyadari rakyat Aceh saat ini cinta damai dan pro-NKRI.

Ketiga, saya berharap Aceh ke depan harus lebih maju, membangun Provinsi Aceh dalam bingkai NKRI.

Keempat, hal-hal lain yang menurut saya belum sesuai pasca MoU Helsinki akan saya buat suatu sendiri guna menuntaskan semua butir-butir MoU Helsinki ke depan.

Wassalamua’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat hari lebaran 1440 Hijriah, mohon maaf lahir batin. []