Home / BERITA TERBARU / Usia Berapa Bayi Boleh Makan Nasi?

Usia Berapa Bayi Boleh Makan Nasi?

Ilustrasi bayi makan.

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Di Indonesia yang penduduknya menjadikan nasi sebagai bahan makanan pokok, banyak orang tua yang masih bertanya-tanya mulai umur berapa bayi boleh makan nasi lembek dan makanan padat lainnya.

Makanan bayi dan makanan orang dewasa tentu sangat lah berbeda. Selama masa pertumbuhannya, bayi juga masih dalam proses menyempurnakan sistem pencernaannya. Meskipun begitu, hingga kini masih saja ditemukan beberapa kasus pemberian makanan bayi yang tidak sesuai dengan usianya.

Dilansir laman Doktersehat dari WebMD, terdapat sekitar 40% orang tua yang mengindahkan larangan memberikan makanan padat pada bayi sebelum usia yang disarankan.

Selain itu, ditemukan juga fakta bahwa kasus pemberian makanan bukan pada usianya terjadi pada bayi yang diberikan susu formula, bukan Air Susu Ibu (ASI).

Hingga sekarang, masih sering ditemukan beberapa kasus bayi makan nasi atau buah seperti pisang. Ya, nasi memang merupakan makanan pokok utama di Indonesia, sehingga banyak orang tua yang penasaran kapan bayi boleh makan nasi.

Di beberapa daerah di Indonesia kebiasaan ini memang masih ada, namun tidak dapat juga dikatakan aman untuk bayi.

Jika mempertanyakan umur berapa bayi boleh makan nasi lembek, maka jawabannya adalah pada usia sekitar 9 bulan. Usia ini adalah usia di mana bayi sudah terbiasa dengan makanan pendamiping ASI.