Home / ACEH / DPR Minta TNI Antisipasi Perkembangan Isu Referendum Aceh

DPR Minta TNI Antisipasi Perkembangan Isu Referendum Aceh

Gedung DPR RI Jakarta. (TIRTO/Andrey Gromico)

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyatakan bahwa pihaknya secara tegas menolak wacana referendum yang dikatakan akan dilaksanakan rakyat Aceh.

Penolakan ini dikatakan sosok yang akrab disapa Bamsoet itu, karena Indonesia dikatakannya merupakan sebuah negara kesatuan yang berdaulat.

“DPR menolak secara tegas rencana referendum yang akan dilaksanakan oleh rakyat Aceh mengingat Indonesia merupakan negara kesatuan yang berdaulat dan NKRI adalah harga mati,” kata dia, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jum’at (31/5/2019).

Baca Juga: Moeldoko: Referendum Aceh Cuma Wacana Akademik

Disamping itu, Bamsoet juga mengimbau TNI mengantisipasi perkembangan dari isu tentang referendum Aceh, agar dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat, dan tidak menimbulkan pergolakan politik daerah lain.

“Saya juga mengimbau kepada akademisi dan pakar hukum tata negara secara bersama untuk menjelaskan kerugian yang ditimbulkan sebagai dampak dari adanya referendum, seperti menghilangkan rasa persatuan dan kesatuan sebagaimana dahulu pernah terjadi pada Provinsi Timor Timur,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Komite Peralihan Aceh (KPA) dan Ketua DPA Partai Aceh (PA) Muzakir Manaf atau akrab disapa Mualem, mengeluarkan pendapat agar ke depan Aceh minta referendum karena menurut Mualem, negara Indonesia tidak memiliki kejelasan soal keadilan dan demokrasi dan Indonesia di ambang kehancuran dari sisi apa saja.

Pendapat dan keinginan itu disampaikan Mualem dalam sambutannya pada peringatan 9 Tahun (3 Juni 2010-3 Juni 2019) wafatnya Wali Nanggroe Aceh, Paduka Yang Mulia Tgk Muhammad Hasan Ditiro dan buka bersama di Banda Aceh, Senin (27/5/2019).

Lihat Juga: Mualem Bisa Kena Sanksi Hukum

Pemerintah Harus Sikapi Permintaan Referendum Aceh

Eks Panglima GAM Serukan Referendum di Aceh, Hamid Awaludin: Bahaya Sekali