Home / BERITA TERBARU / Waspadai China, Taiwan Latihan Militer di Jalan Raya

Waspadai China, Taiwan Latihan Militer di Jalan Raya

Ilustrasi militer Taiwan. (Foto: Istimewa)

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Taiwan mengerahkan pesawat tempurnya ke jalan raya dalam rangkaian latihan militer tahunan, Selasa (27/5). Latihan tempur itu dilakukan sebagai simulasi pertahanan dalam menghadapi kemungkinan serbuan dari China.

Menurut juru bicara Angkatan Udara Taiwan, Kolonel Shu Kuo-Mao seperti dilansir dari laman CNN Indonesia, latihan pendaratan di jalan raya diperlukan mengingat Taiwan hanya memiliki beberapa pangkalan militer yang sudah pasti menjadi sasaran musuh.

“Hanya ada beberapa pangkalan udara militer (yang kami miliki) dan akan menjadi sasaran utama jika terjadi serangan. Latihan militer di jalan raya diperlukan karena jalur jalan raya akan menjadi pilihan prioritas kami jika landasan pacu rusak selama perang,” kata Shu kepada wartawan di Changhua seperti dikutip AFP.

Setiap warga Taiwan juga dinyatakan telah mendapatkan pemberitahuan dari otoritas terkait latihan tersebut melalui pesan singkat ke ponsel mereka.

Baca Juga: Pertama di Asia, Pernikahan Sesama Jenis Digelar di Taiwan

Jalan-jalan di Taiwan terpantau sepi sejak Senin pagi ketika angkatan bersenjata mulai melakukan rangkaian latihan. Sebanyak 1.600 personel militer dikerahkan ke jalanan pusat Taiwan untuk melakukan uji coba pesawat tempur.

Tiga pesawat tempur melakukan uji coba pendaratan, pengisian bahan bakar, hingga pengisian amunisi dan rudal dalam latihan tersebut.

Taiwan telah lama dibayangi tekanan China. Beijing melihat Taiwan sebagai wilayah pembangkang yang ingin memisahkan diri. Presiden China, Xi Jinping, bahkan menyatakan tak segan menggunakan kekuatan militer jika diperlukan untuk membungkam Taiwan.

Relasi China dan Taiwan juga terus memburuk di bawah kepemimpinan Presiden Tsai Ing-wen. Sejak menjabat sebagai Presiden Taiwan pada Mei 2016 lalu, Tsai terus bersikap agresif demi membebaskan wilayahnya dari China.

Sejak itu, Tsai juga terus berusaha menjalin hubungan lebih dekat lagi dengan negara-negara lain, termasuk Amerika Serikat yang merupakan seteru China.

Lihat Juga: Kapal Induk China Masuk Zona Pertahanan Taiwan

AS – China Panas, 2 Kapal Perang AS Lintasi Taiwan

Kapal Perang AS Tantang China di Laut China Selatan?