Home / BERITA TERBARU / Badak Sumatera Jantan Terakhir di Malaysia Mati

Badak Sumatera Jantan Terakhir di Malaysia Mati

Ilustrasi Badak Sumatera. (Foto: Junaidi Hanafiah/MONGABAY)

KLIKKABAR.COM, KUALA LUMLUR – Badak Sumatera jantan terakhir yang ada di Malaysia dilaporkan mati, Senin (27/5/2019) siang. Badak yang diberi nama Tam itu mati karena menderita sakit komplikasi yakni ginjal dan liver.

Direktur Suaka Margasatwa Sabah (SWD), Augustine Tuuga, sebagaimana dilansir laman Sindonews dari The Star mengatakan, sudah mendapat kabar kematian badak sumatera jantan terakhir itu dan akan menunggu tindakan selanjutnya.

Baca Juga: Bupati Rocky Dukung Suaka Badak

Sementara itu Menteri Pariwisata, Kebudayaan, dan Lingkungan Sabah, Christina Liew, akan memberikan keterangan soal kematian Tam pada sore atau malam.

Tam sempat dinyatakan sekarat pada Minggu 19 Mei. Hidupnya diprediksi hanya dalam hitungan hari. Kondisinya sempat membaik setelah dirawat intensif di Departemen Suaka Margasatwa Sabah, namun setelah itu menurun drastis.

Baca Juga: Badak Putih Jantan Terakhir di Dunia Mati

Augustine mengatakan, perhatian utama tim terletak pada usia Tam karena badak umumnya memiliki umur 35 hingga 40 tahun. Tam dan badak betina Iman hanya dua badak sumatera yang tersisa di Malaysia.

Spesies ini dianggap sudah punah di alam liar Malaysia. Tidak satu pun badak yang terdeteksi berada di alam liar Sabah dalam beberapa tahun terakhir.

Selama bertahun-tahun, pihak berwenang Sabah berupaya mengembakbiakkan badak sumatera dengan teknologi reproduksi maju, termasuk bayi tabung, namun gagal.

Lihat Juga: Pembantai Gajah Bunta Divonis 8 Tahun

7 Fakta Bunta, Gajah Jinak yang Mati di Aceh Timur
[Foto] Detik-detik Gajah Sumatera Turun ke Pemukiman Penduduk