Home / ACEH / UM-PTKIN UIN Ar-Raniry Digelar 28 Mei

UM-PTKIN UIN Ar-Raniry Digelar 28 Mei

Ilustrasi, pimpinan UIN Ar-Raniry meninjau proses pelaksanaan ujian bagi peserta yang berkebutuhan khusus (tunanetra) pada UM-PTKIK tahun 2018 di kampus setempat. (Dok. Klikkabar.com)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun 2019 akan digelar pada Selasa, 28 Mei 2019 mendatang. Peserta diminta untuk melihat lokasi dan ruang ujian sehari sebelum hari “H”, yakni pada Senin, 27 Mei.

Panitia UM-PTKIN Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry telah mempersiapkan segala sesuatu kebutuhan demi terselenggaranya dengan lancar dan sukses.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembangaan UIN Ar-Raniry, Dr. H. Gunawan, MA, Ph.D, usai memimpin rapat evaluasi panitia, Rabu (22/5/2019) mengatakan, UM-PTKIN akan dilaksanakan pada 28 Mei 2019, serentak di seluruh Indonesia. Jumlah peserta yang akan mengikuti ujian di kampus UIN Ar-Raniry sebanyak 4.105 orang.

“Jumlah peminat UIN Ar-Raniry melalui jalur UM-PTKIN tahun 2019 mencapai 13.386 orang di seluruh Indonesia, namun yang memilih lokasi ujian di Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh sebanyak 4.105 peserta,” kata Gunawan.

Dia menambahkan, dengan jumlah empat ribu lebih peserta yang akan mengikuti ujian, maka diharapkan kepada calon peserta dapat melihat nomor, ruang dan lokasi tes yang dilaksanakan di kampus UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

“Sehari sebelum ujian berlangsung, panitia akan memberikan informasi dan mengarahkan calon peserta yang akan melihat lokasi ujian, begitu juga dengan calon peserta yang berkebutuhan khusus, panitia akan menyiapkan pengawas khusus kepada mereka,” ujarnya.

Gunawan Adnan mengingatkan kepada calon peserta, pada hari ujian berlangsung agar tidak ada lagi yang tidur setelah sahur, sebab ujian akan dimulai pada pukul 07.00 wib untuk kelompok IPS dan IPC, serta pukul 08.30 wib kelompok IPA. Diharapkan datang lebih cepat, jika telat datang 30 menit saja maka tidak diperbolehkan lagi masuk ruang ujian. Bagi yang di luar daerah juga dapat mengkondisikan, agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Kepala Bagian Akademik, Fadhli, M.Pd menyebutkan, lokasi tes UM-PTKIN di Lingkungan UIN Ar-Raniry sebanyak 14 titik, yakni seluruh gedung fakultas serta gedung PTIPD dan Perpustakaan. Panitia akan menyiapkan penunjuk arah.

“Mengingat lokasi yang banyak dan jumlah peserta mencapai empat ribu, panitia selain menyiapkan penunjuk arah juga akan membuat posko informasi di beberapa titik di Lingkungan kampus, yang dikoordinir oleh Pokja Humas dan Informasi,” kata dia.

Fadhli menambahkan, panitia akan stanby di posko sehari sebelum ujian berlangsung, hingga menjelang buka puasa, dilanjutkan pada hari pelaksanaan ujian dari pukul 06.30 – 09.00 wib. Kepada peserta juga diingatkan agar membawa peralatan dan kebutuhan ujian, identitas serta syarat lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. []