Home / BERITA TERBARU / Mudik Pakai Helikopter, Segini Tarifnya

Mudik Pakai Helikopter, Segini Tarifnya

Foto: Whitesky Aviation.

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Di zaman modern sekarang, helikopter telah menjadi salah satu transportasi umum terbaru yang menjadi salah satu sarana pengantar pemudik sampai kampung halaman.

Mudik naik helikopter punya waktu tempuh yang sangat cepat sehingga wajar saja apabila helikopter masuk ke dalam jajaran mudik kelas mewah. Pasalnya, tarif yang dipatok pun cukup tinggi.

CEO Whitesky Aviationm Denon Prawiraatmadja sebagai penyedia jasa mudik menggunakan helikopter sebagaimana dilansir dari laman Detikcom mengatakan, untuk sekali terbang menggunakan helikopter dari Jakarta sampai Bandung harga yang dipatok sebesar Rp 14 juta sampai Rp 24 juta.

Pihaknya sendiri menyediakan dua jenis helikopter, pertama dengan kapasitas 4 orang yang sekali terbangnya dipatok Rp 14 juta. Satunya lagi berkapasitas 6 orang dengan tarif Rp 24 juta sekali terbang.

“Itu kalau Jakarta-Bandung range harganya antara Rp 14-18 juta untuk 4 orang, yang 6 orang 24 juta,” katanya.

Pihak Denon sendiri hanya baru membuka rute tetap Jakarta menuju Jawa Barat saja. Karena kalau lebih jauh dari sekitaran Jawa Barat, waktu tempuh helikopter pun jadi bertambah.

Kalau waktu tempuhnya sudah bertambah, lanjutnya, itu sudah masuk ke dalam kategori charter. Biaya yang dipatok pun akan lebih besar kalau kategori charter.

“Jadi memang hanya Jakarta ke sekitaran Bandung aja rute tetapnya karena masih di bawah satu jam helinya terbang, kalau di atas itu ya charter masuknya. Ya kita berati buka aja kalau mau ke Jawa Tengah atau Timur jatuhnya charter,” kata Denon.

“Kalau charter ya harga nambah, ketentuannya kisaran 1 jam bisa Rp 30 juta, kalau 2 jam Rp 60 juta,” tambahnya.

Di musim mudik sendiri Denon menjelaskan bahwa banyak juga pemudik yang mau menggunakan helikopter. Berdasarkan pengalamannya tahun lalu, Denon menjelaskan meski tidak ada tambahan, jadwal penerbangan tetap penuh saat musim mudik.

“Kalau penambahan sih nggak, cuma kita liat ya ini kalau udah mau masuk mudik kayak tahun lalu itu jadwal tetap penuh, artinya ya ada juga yang pakai heli buat mudik. Averagenya (rata-rata) 30 flight per bulan,” pungkasnya.

Baca Juga: Apakah Anda Berhak Terima THR? Ini Ketentuannya

29 Mei, Tol Bakauheni-Palembang Bisa Dilalui Pemudik

Penyeberangan Merak-Bakauheni Berlakukan Sistem Ganjil Genap