Home / BERITA TERBARU / Super Blue Moon Diprediksi Muncul di Malam Lailatul Qadar

Super Blue Moon Diprediksi Muncul di Malam Lailatul Qadar

Gerhana bulan total super blue moon. (Foto: Daily)

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Bulan suci Ramadhan 1440 H telah tiba dan salah satu malam yang paling ditunggu umat Islam adalah malam Lailatul Qadar.

Istimewanya, pada Malam Lailatul Qadar yang disebut sebagai malam seribu bulan tahun 2019 ini akan disambut fenomena alam Gerhana Bulan Full Blue Moon.

Seperti dilansir Sindonews dari Mirror, Minggu (19/5/2019), malam ini hingga 4 hari ke depan diprediksi oleh para pengamat antariksa di seluruh dunia akan disuguhi tampilan astronomi yang menakjubkan, dalam bentuk Full Blue Moon.

Meskipun namanya menunjukkan bahwa bulan akan tampak biru, namun faktanya bulan purnama akan terlihat putih pucat di langit malam.

Super Blue Moon ini semakin bertambah istimewa karena Bulan ini bertepatan dengan bulan Ramadhan dimana ada malam istimewa yakni Lailatul Qadar yang datang tiap bulan Ramadhan.

Dilansir dari laman Wikipedia, bulan biru adalah peristiwa munculnya bulan purnama kedua yang terjadi dalam satu bulan yang sama. Nama Bulan Biru sebenarnya tidak ada hubungannya dengan warna. Kadang-kadang, bulan purnama dapat muncul pucat kemerah-merahan.

Bulan bisa tampil berwarna biru jika kebakaran hutan atau letusan gedung berapi mengotori bagian atas atmosfer dengan abu atau asap. Letusan gunung berapi memberikan bulan goresan kebiru-biruan dari sudut pandang orang kebanyakan di muka Bumi pada 1991.

Baca Juga: Ini Trik Memotret Super Blue Blood Moon

Jatayu, Patung Burung Terbesar di Dunia

[Foto] The Beauty Godafoss, Air Terjun Para Dewa