Home / ACEH / Tim Pansel Nilai Calon Kepala MAN Model Banda Aceh

Tim Pansel Nilai Calon Kepala MAN Model Banda Aceh

Istimewa

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Panitia Seleksi (Pansel) calon Kepala MAN Model Banda Aceh dari Kanwil Kemenag Aceh melakukan visitasi atau penilaian lapangan ke-4 madrasah yang dipimpin para calon kepala MAN Model tersebut.

Tim yang dipimpin oleh Kabag Tata Usaha H. Saifuddin, SE bersama para penguji mengawali kunjungan pertama ke MAN 5 Bireuen, di Desa Keude Lapang, Kec. Gandapura, Kamis (16/5/2019).

Di madrasah yang dipimpin oleh Abdullah, S.Ag M.Pd, salah satu peserta yang bertarung untuk menjadi Kepala MAN Model Banda Aceh itu, tim melihat proses pembelajaran, sarana prasarana dan kepemimpinan kepala madrasah tersebut.

Selanjutnya, tim melakukan wawancara dengan guru dan tenaga kependidikan yang ada di sana sesuai dengan instrumen yang telah disiapkan.

“Kita ingin melihat langsung bagaimana profil kepemimpinan para calon kepala MAN Model ini di tempat mereka bertugas, apakah ada inovasi-inovasi yang dilakukan bagi pengembangan madrasah serta sejumlah capaian keberhasilan yang telah mereka lakukan,” ujar Saifuddin saat melakukan visitasi di MAN 5 Bireuen.

Selain itu, pihaknya juga menggali informasi dari guru dan siswa di sana tentang pandangan mereka terhadap pemimpin di sekolah tersebut.

“Artinya tidak satu sisi, kita mencoba melihat berbagai sisi dalam penjaringan Kepala MAN Model Banda Aceh ini, siapapun yang terpilih nanti kita berharap ada perubahan untuk pendidikan Aceh,” lanjut Saifuddin.

Selain itu, ia juga berharap melalui seleksi ini menemukan sosok kepala MAN Model Banda Aceh yang punya kompetensi, manajerial, inovasi dan dedikasi dalam membangun madrasah ke depan, dan kepala sangat menentukan berkembang atau tidak sebuah madrasah.

“Kepala madrasah juga di harapkan bisa berinteraksi sosial secara baik dengan lingkungan,” tambah saifuddin.

Adapun tim Pansel yang hadir ke MAN 5 Bireuen adalah Prof Dr Jamaluddin M.Pd, beserta para anggota penguji terdiri dari: akademisi UIN Ar-Raniry Dr Sri Rahmi MA, Kabid Pendidikan Madrasah H M Idris SAg M Pd dan Kakankemenag Banda Aceh, Drs H Asy’ari MSi.

Adapun empat peserta yang mengikuti seleksi calon Kepala MAN Model Banda Aceh adalah Adihar S.PdI MA (Kepala MTsn Abdya), Nursiah S.Ag MPd (Kepala MTsN 4 Banda Aceh), Darwin S.Ag MH (Kepala MAN 4 Pidie), dan Abdullah S.Ag MPd (Kepala MAN 5 Bireuen).

“Sebelumnya keempat mereka telah mengikuti beberapa tahap ujian seleksi yang mulai sejak April, dan beberapa waktu lalu mengikuti Fit dan Proper test oleh tim penguji berupa seleksi akademik dan manajerial meliputi penilaian rekam jejak, pendidikan, pengetahuan, wawasan peningkatan mutu, dan program pengembangan,” ujar M. Idris, Kabid Penmad Kanwil Kemenag Aceh.

Diberitakan sebelumnya, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh melaksanakan rekruitmen/seleksi calon Kepala Madrasah Aliyah (MAN) 1 Banda Aceh untuk mengganti kepala sebelumnya Drs Mukhlis M.Pd yang kini sudah dipromosi menjadi Kepala Seksi Kurikulum dan Evaluasi Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Aceh.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kasubbag TU Kankemenag Bireuen, Kasi Penmad, dan dewan guru MAN 5 Bireuen. []