Home / ACEH / DPRA Akan Surati DLHK Terkait Hasil Pemeriksaan Udara Sekitar Tambang Medco

DPRA Akan Surati DLHK Terkait Hasil Pemeriksaan Udara Sekitar Tambang Medco

Ist

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH- Anggota DPRA asal Aceh Timur, Iskandar Usman Al-Farlaky, meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh (DLKH) untuk membuka ke publik hasil tim peninjauan dan pemeriksaan sampel udara dan air yang diduga menimbulkan bau di kawasan lingkar tambang PT Medco di Aceh Timur.

Desakan tersebut disampaikan politisi muda Partai Aceh ini menyusulnya adanya laporan keluhan bau menyengat di kawasan sejumlah desa dalam Kecamatan Indra Makmue, Kabupaten Aceh Timur, kawasan lingkar eksploitasi gas oleh perusahaan Medco.

“Saya dapat laporan tadi malam. Ternyata bau ini sudah terjadi beberapa waktu yang lalu,” ungkap Iskandar, Kamis dini hari 16 Mei 2019.

Menurut dia, hasil laboratorium dinas lingkungan hidup Aceh itu, penting untuk disampaikan ke publik supaya tidak menimbulkan asumsi publik seolah-olah hasil kerja tim ditutup-tutupi dan terkesan membela perusahaan tambang migas.

“Laporan ke kita bahwa tim dari DLHK sudah turun. Maka penting hasilnya seperti apa. Biasa hasil labor itu tertulis,” tegasnya.

Al-Farlaky juga menyampaikan, dirinya akan menyurati secara khusus kepada dinas DLHK Aceh untuk meminta hasil laboratorium.

“Kalau bahaya bilang bahaya, jangan ada kesan tidak baik dan masyarakat kita disana yang menerima imbas tidal baik. Bisa menganggu kesehatan mereka semisal anak-anak balita,” ungkapnya lagi

Ditambahkan Iskandar, berdasarkan laporan yang diterimanya, bau pertama kali Desember 2018, lalu Februari 2019, dan April 2019. Setiap peristiwa interval bau mencapai 6 hingga 9 hari.

Lihat Juga: Bau Menyengat Tak Kunjung Reda, Warga Geruduk PT Medco

Observasi Bau Menyengat, Medco Undang Pihak Ketiga ke Blok A