Home / BERITA TERBARU / Tidur Setelah Sahur, Apa Syaratnya?

Tidur Setelah Sahur, Apa Syaratnya?

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Tidur setelah sahur sering kali tidak bisa dihindari. Penyebab pertama, bisa jadi karena Anda tidur terlalu larut malam, sehingga mata masih ingin dipejamkan. Dan penyebab kedua, Anda terlalu kenyang setelah sahur.

Sebagian kalangan mungkin akan tidur dengan posisi berbaring setelah sahur. Namun yang lain ada pula yang tidur dengan posisi setengah duduk agar tidak mengalami refluks atau naiknya asam lambung ke tenggorokan.

Pakar pencernaan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) bernama Prof. Ari Fahrial Syam mengatakan, sulit menahan kantuk setelah sahur. Untuk itu, diperbolehkan beristirahat dengan posisi tiduran setengah duduk.

Caranya adalah punggung harus disanggah bantal agar lambung tetap berada di bawah dan tidak bergejolak, sehingga asam lambung beserta isi lambung tidak naik lagi ke tenggorokan yang biasanya menimbulkan sensasi terbakar, nyeri, mual, lalu muntah.

“Sebaiknya jangan langsung tidur, beri jeda waktu setidaknya 2 jam jika Anda ingin tidur.” jelas Prof. Ari.

Bahaya tidur sehabis sahur

Bila Anda tetap memaksakan diri untuk tidur setelah sahur, isi perut dan asam lambung akan berbalik arah ke kerongkongan, lalu bisa menyebabkan muntah. Kondisi Gastroesophageal refluks Disease (GERD) pun akan terjadi. Anda bisa merasakan sensasi terbakar di dada hingga tenggorokan hingga merusak selaput lendir.

Kondisi tersebut akan semakin parah bila makanan yang Anda konsumsi saat sahur adalah makanan pedas atau makanan asam. Produksi asam lambung akan meningkat, sehingga risiko terjadinya gangguan lambung semakin tinggi.

Hal itu pun dibenarkan oleh dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter. Sampai saat ini, Anda memang disarankan untuk tidak langsung tidur begitu selesai sahur untuk mencegah terjadinya refluks.

“Nah, saat Anda tiduran atau istirahat dengan posisi setengah duduk, itu memang lebih bisa mencegah refluks ketimbang Anda langsung rebahan total.” tutur dr. Ega.

Istirahat atau tidur dengan posisi setengah duduk memang boleh Anda lakukan bila ingin tidur setelah sahur. Namun, dalam posisi seperti itu, tetap saja Anda tidak boleh terlelap. Beri waktu setidaknya 2 jam untuk sistem pencernaan “menyelesaikan tugas” supaya Anda tidak sakit setelahnya.