Home / ACEH / KIP Aceh Besar Tunda Pleno

KIP Aceh Besar Tunda Pleno

Ketua KIP Aceh Besar, Cut Agus Fathillah. (Muhammad Fadhil/Klikkabar.com)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Besar terpaksa harus menunda sementara rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara pemilihan anggota DPRK Aceh Besar pada Pemilu 2019 lalu.

Ketua KIP Aceh Besar, Cut Agus Fathillah mengatakan, penundaan harus dilakukan untuk mencegah terjadi hal-hal yang tak diinginkan, di mana rapat pleno tersebut mendapat protes keras yang berujung kericuhan yang dilakukan oleh massa beberapa partai pendukung politik.

“Kita coba agar rapat pleno tidak boleh berhenti, namun kemudian kita merasakan bahwa ini tidak boleh terus berlanjut, persoalanya kericuhan,” kata Cut Agus kepada wartawan di sela-sela menghadiri rapat pleno terbuka tingkat provinsi Aceh di Gedung DPRA, Minggu (12/5/2019).

Seperti diketahui, kericuhan yang terjadi di KIP Aceh Besar karena KIP setempat menolak rekomendasi Panwaslih untuk melakukan penghitungan suara ulang di 15 kecamatan dari 23 kecamatan di kabupaten tersebut.

Cut Agus menjelaskan bahwa pihaknya telah empat kali melakukan rapat pleno, namun selalu gagal dikarenakan mendapat protes keras dari para saksi beberapa partai politik.

“Setelah kita melihat dan merasakan bersama bahwa intimidasi, shok terapi yang telah dirasakan oleh kami membuat kami harus khawatir dengan keselamatan kami sendiri,” ujar Cut Agus. []

Baca Juga: BREAKING NEWS: Pleno KIP Aceh Besar Kembali Memanas