Home / BERITA TERBARU / Jangan Berbuka dengan 6 Jenis Makanan & Minuman Ini

Jangan Berbuka dengan 6 Jenis Makanan & Minuman Ini

Ilustrasi gorengan.

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Jangan berbuka puasa dengan sembarangan makanan, tanpa menimbang jenis dan gizi makanan tersebut. Untuk memulihkan kembali energi yang hilang dari tubuh, konsumsilah makanan tinggi nutrisi dan baik pula untuk pencernaan.

Berikut adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang harus dihindari ketika berbuka puasa.

1.  Minuman berkarbonasi atau soda

Minuman olahan dan berkarbonasi karena tinggi akan zat gula. Kandungan ini dapat meningkatkan risiko obesitas, serta perut kembung, sehingga menjadi faktor pencetus gangguan pencernaan.

Lebih baik minum air putih biasa atau air kelapa untuk memuaskan dahaga Anda selepas berpuasa. Usahakan perbanyak minum air saat sahur dan berbuka puasa untuk menjaga kestabilan kadar cairan tubuh.

2. Makanan tinggi gula atau terlalu manis

Makanan tinggi gula seperti es krim, permen dan cokelat harus dihindari karena mengandung kalori tinggi namun nilai gizinya kecil.

3. Makanan yang digoreng

Makanan berminyak ataupun yang digoreng seperti pangsit goreng, tahu goreng, samosa, kue kering dan kari berminyak, harus dihindari karena kandungan lemaknya, yang akan disimpan dalam tubuh sebagai jaringan lemak tubuh (adiposa).

4. Karbohidrat sederhana atau olahan

Makanan-makanan berjenis karbohidrat sederhana seperti gula, tepung putih, kue kering, donat, dan croissant, terlalu cepat dicerna oleh tubuh. Akibatnya Anda jadi lebih cepat lapar.

5. Makanan terlalu asin

Ketidakseimbangan kadar garam atau natrium dalam tubuh bisa membuat Anda lebih cepat haus saat puasa. Garam memiliki sifat mengikat lemak, sehingga di dalam darah akan terjadi peningkatan kadar kolesterol jahat yang signifikan.

Hal ini juga dapat menjadi pintu masuknya penyakit dislipidemia, jantung dan penyakit pembuluh darah lainnya. Jadi, hindarilah kacang asin, acar, keripik dan makanan yang mengandung garam ataupun penyedap rasa terlalu banyak.

6. Minuman mengandung kafein

Kopi mengandung kafein yang dapat menyebabkan insomnia dan kegelisahan. Selain itu, kafein justru membuat saluran kerongkongan menjadi kering, sehingga Anda akan cepat haus sepanjang hari selama berpuasa. (KlikDokter)

Baca Juga: Bahaya Merokok Saat Buka Puasa

Bahaya Berbuka Puasa dengan Kopi

Plus Minus Minum Es Teh Manis di Bulan Puasa