Home / ACEH / BREAKING NEWS: Pleno KIP Aceh Besar Kembali Memanas

BREAKING NEWS: Pleno KIP Aceh Besar Kembali Memanas

IST

KLIKKABAR.COM, ACEH BESAR- Pleno rekap suara hasil Pileg dan Pilpres tahun 2019 tingkat Kabupaten Aceh Besar memanas. Kericuhan terjadi di luar ruangan kegiatan pleno, antara pendukung sejumlah para dengan pihak keamanan.

Puncak masalah, sejumlah saksi partai, terutama para saksi partai lokal meminta Perhitungan Suara Ulang (PSU) tingkat perolehan suara DPRK sesuai dengan rekomendasi Bawaslu. Namun pihak KIP Aceh Besar keberatan alias tidak mengindahkan.

Menurut saksi mata, Ikhtiar menyebutkan, kericuhan kembali terjadi pada Sabtu 11 Mei 2019 sekitar pukul 12.00 Wib di komplek gedung DPRK Aceh Besar, Kota Jantho.

“Massa memecahkan kaca gedung utama DPRK Aceh Besar karena kesal akibat ulah KIP Aceh Besar yang tidak mengindahkan rekomendasi panwaslu Aceh Besar untuk dilakukan perhitungan suara ulang,” ujar Ikhtiar.

Bahkan, sempat ada suara letusan senjata api diantara kerumunan massa yang sedang meluapkan amarahnya, hal itu terdengar dari rekaman video yang diperoleh media ini.

Sebelumnya juga, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Besar melanjutkan Pleno Rekapitulasi Penghitungan Hasil Perolehan Suara Pemilu 2019 yang sempat tertunda selama dua hari.

Pleno dilanjutkan mulai Jumat (10/5/2019) pagi kemarin, bahkan, lokasi pleno dipindahkan dari sebelumnya di Jantho Sport Center (JSC) dipindahkan ke gedung DPRK setempat, ruang utama paripurna.

Hingga Jumat sore, pleno yang mendapat pengawalan ketat dari puluhan personil Polri/TNI berjalan lancar, meski demikian keributan terjadi diluar pagar gedung DPRK, bahkan ada tenda yang sempat dibakar oleh massa dan aksi pelemparan batu pun tak terhindarkan.

Massa kemarin juga meneriakkan kecurangan, meminta KIP untuk membuka kembali sejumlah kotak suara seperti yang direkomendasi Bawaslu.

Baca Juga: Tujuh Wakil Aceh-1 di DPR RI

Enam Wakil Aceh-2 di DPR RI

Gara-gara Pilpres, Dua Warga Aceh Dibui