Home / BERITA TERBARU / Dengar Musik Bisa Tingkatkan Fokus & Produktivitas

Dengar Musik Bisa Tingkatkan Fokus & Produktivitas

Ilustrasi mendengarkan musik.

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Kebiasaan tertentu dapat membantu meningkatkan kemampuan untuk fokus dan berkonsentrasi. Salah satu kebiasaan yang lebih mudah dan lebih menyenangkan yang dapat Anda kembangkan adalah mendengarkan musik.

Para ahli mengatakan bahwa mendengarkan musik menyebabkan otak melepaskan dopamin, neurotransmitter yang sering disebut sebagai bahan kimia kesenangan otak, yang dapat meningkatkan suasana hati Anda.

Selain itu juga dapat meningkatkan produktivitas, meningkatkan efisiensi Anda saat melakukan tugas yang berulang, dan memacu kreativitas Anda.

Berikut empat jenis musik yang bisa meningkatkan fokus dan produktivitas dikutip dari Popular, Jumat (10/5/2019):

  1. Musik alam

studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam The Journal of Acoustical Society of America menemukan bahwa memainkan suara alami di lingkungan kantor dapat meningkatkan keterampilan kognitif dan suasana hati pekerja. Para peneliti juga mencatat efek ini dapat terbawa ke lingkungan lain di luar kantor.

  1. Musik klasik

Musik oleh komposer klasik seperti Bach, Mozart, dan Beethoven dapat bermanfaat ketika belajar untuk ujian atau fokus pada proyek kerja. Para peneliti di Universitas Helsinki baru-baru ini menemukan bahwa mendengarkan musik klasik dapat mengubah fungsi gen, yang dapat menyebabkan banyak manfaat, termasuk peningkatan fungsi otak.

  1. Musik yang Anda sukai

Preferensi pribadi tampaknya menjadi komponen penting lainnya bagi kemampuan musik untuk meningkatkan fungsi otak. Studi Teresa Lesiuk memungkinkan peserta untuk memilih musik yang ingin mereka dengarkan.

  1. Musik tanpa lirik

Anda mungkin menemukan musik dengan lirik yang mengganggu, terutama ketika melakukan tugas-tugas rumit yang membutuhkan kemampuan memecahkan masalah atau keterampilan kognitif tingkat tinggi.