Home / ACEH / Warga Diminta Waspada Kebakaran Selama Ramadhan

Warga Diminta Waspada Kebakaran Selama Ramadhan

Ilustrasi, kebakaran di pasar buah Kota Kuala Simpang, Aceh Tamiang, Selasa (19/3/2019). (Foto: IST)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman meminta warganya tetap meningkatkan kewaspadaan kebakaran selama Ramadhan 2019 ini guna mengurangi risiko bencana.

Permintaan ini disampaikan Wali Kota saat melakukan pengecekan kesiapan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh di Jl Soekarno-Hatta, Geuceu Meunara Banda Aceh, Senin (6/5/2019).

Usai menanyakan kesiapan armada dan petugas kepada Kepala DPKP Kota, M Nurdin, Wali Kota kemudian mengingatkan masyarakat agar tetap waspada terhadap kebakaran.

Katanya, selama Ramadhan aktifitas memasak di rumah-rumah warga terjadi  peningkatan, terutama jelang sahur dan berbuka puasa.

“Kadang kebakaran terjadi akibat lupa mematikan kompor. Pastikan kompor telah dimatikan usai memasak dan saat meninggakan rumah. Listrik juga salah satu penyebab kebakaran, matikan alat elektronik yang tidak perlu,” kata Aminullah.

Kata Wali Kota, kalau terjadi kebakaran langkah pertama segera menghubungi petugas pemadam kebakaran di nomor 0651-113.

“Segera telpon petugas pemadam di nomor 0651-113. Petugas di lima titik lokasi yang tersebar di Banda Aceh siaga 24 jam,” kata Aminullah.

Sementara itu, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh, Nurdin menyatakan petugas selalu siaga 24 jam melayani warga kota. Meski kasus kebakaran dari 2017 ke 2018 menurun, namun dirinya tetap meminta petugas siaga penuh dan siap melakukan evakuasi saat bencana kebakaran terjadi.

“Memang kasus kebakaran menurun, dari 27 kasus kebakaran tahun 2017 turun menjadi 17 kasus di tahun 2018. Namun kita tetap siaga sesuai permintaan Pak Wali,” ungkap M Nurdin. []