Home / ACEH / Seluruh Masyarakat Diminta Gunakan Hak Pilih

Seluruh Masyarakat Diminta Gunakan Hak Pilih

Salah seorang warga binaan memasukkan surat suara di TPS Rutan Idi, Aceh Timur, Rabu (15/2/2017). (Zamzami Ali/Klikkabar.com).

KLIKKABAR.COM, ACEH TIMUR – Dua hari menjelang masa pemungutan suara Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019, masayarakat diimbau untuk menggunakan hak pilihnya.

“Kita berharap, partisipasi pemilih Aceh Timur pada Pemilu Serentak 2019 akan ada peningkatan. Ikut nyoblos, artinya anda sudah berpartisipasi aktif pada Pemilu Serentak 2019,” kata Ketua Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Timur, Zainal Abidin, SE, Senin (15/4).

Pihaknya selaku penyelenggara pemilu di daerah itu mengaku terus mengoptimalkan berbagai hal terkait tahapan pemilu yang akan berlangsung pada Rabu (17/4) lusa.

Di Aceh Timur dikatakannya ada 18 partai politik peserta pemilu dengan 509 calon legislatif (caleg) yang akan memperebutkan 40 kursi DPR Kabupaten yang terbagi dalam 5 Dapil di Aceh Timur.

Selain itu, ada 19 parpol dengan 84 caleg Dapil 6 Aceh Timur yang akan bertarung memperebutkan jatah 6 kursi ke DPR Aceh.

“Masyarakat cukup menunjukkan Formulir C-6 dan KTP-el kepada petugas KPPS. Sementara bagi yang belum masuk ke dalam DPT, tetapi memiliki KTP Elektronik atau surat keterangan telah merekam e-KTP, tetap akan dilayani oleh petugas KPPS dan diberikan waktu mencoblos 1 jam sebelum penutupan TPS,” jelasnya.

“Daftar Pemilih di Aceh Timur berjumlah 289.020 pemilih. Jumlah ini ada di 24 kecamatan dan 513 desa yang tersebar di 1.246 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Aceh Timur,” pungkas Zainal.