Home / ACEH / KIP: Pemerintah Aceh tak Ada Komitmen Jalankan Pemilu

KIP: Pemerintah Aceh tak Ada Komitmen Jalankan Pemilu

Ilustrasi pemilu (Istimewa)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Samsul Bahri mengatakan, Pemerintah Aceh tidak ada komitmen menjalankan Pemilu dan Pilpres 2019 mendatang.

“Sampai hari ini satu item pun tidak dibantu, kecuali kantor (KIP Aceh) ini,” kata Samsul Bahri kepada wartawan di Banda Aceh, Senin (15/4/2019) sore.

Seharusnya, kata Samsul Bahri, sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, pemerintah daerah berkewajiban membantu penyelenggara pemilu.

Dijelaskannya, meski KIP Aceh telah menerima anggaran melalui APBN sebanyak 30 miliar, namun jumlah tersebut juga belum cukup.

“Kita butuh dana yang tidak tersedia di APBN, karena pengambilalihan beberapa KIP kabupaten/kota akibat belum terbentuknya komisioner, kemudian juga butuh untuk sosialisasi dan tenaga honor,” jelas dia.

Disebutkan Samsul, pihaknya telah beberapa kali membuat RAB dan mengajukan kepada pemerintah Aceh, namun hingga hari ini tidak dipeduli.

“Provinsi lain yang hanya memiliki 16 parpol mereka dibantu oleh pemerintah daerah, sedangkan kita di Aceh yang memiliki 20 parpol karena ditambah 4 parlok tidak dibantu,” pungkasnya. []