Home / BERITA TERBARU / 3 RI 1 yang Masuk Kakbah

3 RI 1 yang Masuk Kakbah

Jokowi usai mencium Hajar Aswad di Masjidil Haram, Senin (15/4/2019). (Biro Pers Setpres RI)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Bagi umat Islam, memasuki Kakbah adalah anugerah tersendiri. Hanya sedikit orang yang punya kesempatan masuk, seperti halnya para presiden atau tamu raja Arab Saudi.

Lain cerita bagi tokoh-tokoh asal Indonesia ini. Menyandang status sebagai presiden, mereka pun menjadi tamu kehormatan yang sangat beruntung, ketika diberi kesempatan untuk memasuki bagian dalam Kakbah.

Lalu, siapa saja presiden-presiden Republik Indonesia yang pernah masuk ke dalam Kakbah? Berikut rangkuman Klikkabar.com dari berbagai sumber:

1. Soeharto

Soeharto menjadi Presiden pertama RI yang memiliki kesempatan memasuki Kakbah. Bersama istrinya, Ibu Tien, Soeharto saat itu memasuki pelataran Masjidil Haram untuk melaksanakan ibadah umrah pada (30/10/1995). Orang nomor satu di Indonesia saat itu, masuk ke dalam Kakbah kira-kira selama 20 menit.

Ia masuk ke Kakbah bersama-sama dengan Pangeran Mochseen (wakil gubernur Mekkah pada masa itu), Menteri Agama Tarmizi Taher, Mensesneg Moerdiono, Menlu Ali Alatas, dan Dubes Keliling Nana Sutresna—rombongan akhirnya mulai memasuki Kakbah, di tengah pengawalan yang amat ketat.

Pada saat itu, dia juga didampingi oleh anggota keluarga lainnya, seperti Siti Hardiyanti Rukmana; Bambang Trihatmodjo dan Ny. Halimah; serta Siti Hediyanti Herijadi dan enam cucu. Sebelumnya rombongan pun melakukan tawaf selama 30 menit, lalu mencium Hajar Aswad sedikitnya sebanyak empat kali.

2. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Susilo Bambang Yudhoyono menjadi Presiden kedua RI yang berkesempatan memasuki Kakbah. Ketua Umum Partai Demokrat itu masuk ke Kakbah pada (24/4/2006), seusai menjalankan tawaf. Perjalanan SBY kala itu dikawal Paspampres sekaligus tentara Kerajaan Saudi.

3. Joko Widodo

Joko Widodo merupakan Presiden ketiga RI yang memiliki kesempatan memasuki Kakbah. Didamping istrinya Iriana, Jokowi masuk ke dalam Kakbah di Masjidil Haram pada Senin (15/4/2019) waktu setempat.

Saat itu, Joko Widodo sedang melaksanaan ibadah umrah. Dua putranya, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep juga ikut menemani.

Usai masuk ke dalam Kakbah, Presiden Jokowi bersama rombongan melakukan tawaf yang kemudian dilanjutkan dengan shalat Subuh berjamaah di depan multazam. []