Home / BERITA TERBARU / Penyebab Kehilangan Teman di Usia Muda

Penyebab Kehilangan Teman di Usia Muda

Ilustrasi.

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Menurut sebuah penelitian, di usia tertentu kita mulai kehilangan teman-teman bahkan yang paling akrab. Sebuah penelitian Aalto University School of Science di Finlandia menyebutkan  kita kehilangan teman lebih awal dari yang diperkirakan sebelumnya, yakni di usia 25 tahun.

Menurut para peneliti dari Departemen Psikologi Eksperimental ini, lingkungan pertemanan seseorang diperkirakan akan terus bertumbuh hingga mereka mencapai usia 25 tahun. Setelah usia 25 tahun, lingkaran pertemanan yang kita punya akan terus menerus mengecil, seperti dikutip dari Huffingtonpost.

Penelitian yang dilakukan pada 2007 menggunakan rekam jejak telepon dari 3,2 juta responden di salah satu operator di Eropa.

Dalam studi tersebut, peneliti menemukan fakta bahwa rata-rata cewek berumur 25 tahun menelepon 17,5 orang setiap bulan. Sedangkan buat cowok dengan umur yang sama, rata-rata mereka menelepon 19 orang tiap bulan.

Akan tetapi ketika mereka mencapai usia 39 tahun, angka ini menurun menjadi 15 buat cewek dan 12 buat cowok. Para peneliti memperkirakan bahwa tingginya angka sebelum usia 25 tahun disebabkan oleh fase yang mereka sebut dengan ‘sosial sampling’ atau percobaan sosial.

Akan tetapi, ketika kita kelak udah mencapai usia 80 tahun, lingkaran pertemanan kita bakalan lebih stabil dengan 8 teman buat cewek, dan 6 teman buat cowok.

“Individu-individu ini mengeksplorasi kesempatan (baik pertemanan maupun pasngan reporduksi) yang tersedia buat mereka sebelum memutuskan buat bersama dengan orang-orang yang dinilai paling optimal dan berharga”, tulis hasil studi tersebut dikutip dari Intisari, Selasa (9/4/2019).

Jadi, selagi masih muda jangan sia-siakan waktu yang kalian punya tanpa bersosialisasi ya. Cari kawan dan ilmu sebanyak-banyaknya.