Home / ACEH / Irwandi Yusuf Divonis 7 Tahun

Irwandi Yusuf Divonis 7 Tahun

Ist

KLIKKABAR.COM, JAKARTA –
Majelis hakim Pengadilan Tipikor yang diketuai Saifuddin Zuhri dan didampingi empat anggotanya, menjatuhi vonis 7 tahun penjara kepada Gubernur Aceh non aktif Irwandi Yusuf. Putusan itu lebih ringan dari tuntutan JPU sebelumnya yaitu 10 tahun penjara.

“Irwandi divonis 7 tahun dipotong masa tahanan,” sebut Saifuddin, Senin (8/4) malam

Hakim menuturkan, yang meringankan Irwandi yakni bersikap sopan serta punya tanggungan keluarga.

Pada kesempatan yang sama, hakim juga menjatuhkan vonis 4 tahun penjara kepada Hendri Yuzal (mantan ajudan Gubernur Aceh) dan denda Rp 200 juta serta 5 tahun untuk T Saiful Bahri (pengusaha) serta denda Rp 300 juta.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Hendri Yuzal, Staf Khusus Irwandi Yusuf

Sebelumnya pada 25 Maret 2019, jaksa KPK Ali Fikri menuntut 10 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan terhadap Irwandi. Jaksa yakin pria yang akrab disapa Tgk Agam ini menerima suap dan gratifikasi dari Ahmadi yang juga mantan Bupati Bener Meriah.

Sementara itu, sebelumnya Hendri dituntut 5 tahun penjara dan denda Rp 250 juta subsider 6 bulan kurungan. Sedangkan Saiful dituntut 6 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan. Keduanya diyakini jaksa merupakan perantara suap untuk Irwandi.

Hendri dan Saiful diyakini bersalah melanggar Pasal 12 huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) juncto Pasal 64 ayat 1 KUHP.

Menurut jaksa KPK, Irwandi menerima suap Rp 1 miliar dari Bupati Bener Meriah Ahmadi. Uang tersebut diberikan agar Irwandi menyetujui program pembangunan dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) tahun 2018.

Persidangan ini dimulai sejak Senin (26/11/2018) dan sudah berlangsung sekitar 20 kali peridangan. KPK menangkap ketiganya pada 3 Juli 2018 dalam satu operasi tangkap tangan (OTT) bersama-sama dengan Bupati Bener Meriah Ahmadi yang sudah divonis 3 tahun dan kini di LP Sukamiskin Bandung.

Baca Juga: Irwandi: “Saya akan Banding”

Irwandi: Ibu Saya Sudah Tua

Eks Panglima GAM Aceh Timur Cerita Pajak Nanggroe di Sidang Irwandi