Home / ACEH / 15 Nelayan Aceh Timur Ditangkap AL Thailand

15 Nelayan Aceh Timur Ditangkap AL Thailand

Ilustrasi, Angkatan Laut Kerajaan Thailand menangkap dua kapal Vietnam yang ditemukan sedang menangkap ikan secara ilegal di Teluk Thailand. (Foto: Pattaya Mail)

KLIKKABAR.COM, ACEH TIMUR – Sebanyak 15 nelayan asal Kuala Idi, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, ditangkap oleh otoritas keamanan laut Kerajaan Thailand, Jum’at (5/4/2019).

Panglima Laot Idi, Razali M. Ali saat dihubungi Klikkabar.com, Sabtu (6/4/2019) mengatakan, ke 15 nelayan tersebut merupakan Anak Buah Kapal (ABK) KM Harapan Baroe 01 yang dinahkodai oleh Muhajir dan Zulkifli sebagai KKM.

Razali juga menjelaskan, posisi boat nahas tersebut diyakininya sudah berada di luar wilayah teritorial perairan Indonesia.

“Informasi ini sudah kita teruskan ke pihak terkait dalam hal ini ke Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh untuk segera ditindaklanjuti,” ujar Razali.

Baca Juga: Ratapan Nurlela, Istri Nelayan Aceh yang Ditangkap di Myanmar

Kala Bupati Rocky Hapus Kesedihan Warganya

Kisah Dramatis Nelayan yang Selamat di Perairan Anak Krakatau

Ia menambahkan, saat proses penangkapan, seluruh ABK kecuali nahkoda (pawang) dan masinis dipindahkan ke kapal pihak keamanan laut Thailand sedangkan boat milik nelayan diminta untuk mengikuti mereka.

“Nama-nama ke 13 ABK yakni Junaidi, Reza, M. Sufi, Reza, Ridwan, Aziz, Mawin, Jabar, Mimi, Dani, Ikram, Nasrul dan Furqan. Mereka diduga dibawa ke kawasan Phuket,” sebutnya.

Di sisi lain, Razali juga menyatakan hingga saat ini, sebanyak 23 nelayan asal Aceh Timur juga masih ditahan oleh negara Myanmar. Mereka ditangkap pada 6 Februari 2019 lalu.

Sebelumnya, 16 nelayan Aceh Timur juga ditangkap di perairan Myanmar dan 14 nelayan telah dipulangkan sementara 1 nelayan meninggal dunia serta dikebumikan di Myanmar.

Baca Juga: Satu Nelayan Aceh Timur Meninggal dan Dikebumikan di Myanmar

Viral, Aksi Pengemis Naik Mobil Mewah di Aceh

[Foto] Detik-detik Gajah Sumatera Turun ke Pemukiman Penduduk