Home / BERITA TERBARU / TNI Bantah Jet Tempur Halangi Pesawat Prabowo

TNI Bantah Jet Tempur Halangi Pesawat Prabowo

Pesawat tempur Sukhoi SU-35. (Foto: Istimewa)

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – TNI AU membantah pernyataaan yang menyebutkan bahwa tiga jet tempur TNI AU menghalangi pesawat yang ditumpangi calon presiden Prabowo Subianto, Senin (1/4/2019).

Kabar ini disampaikan mantan kepala Staf Umum TNI Letjen Johannes Suryo Prabowo lewat akun Twitter @marierteman, yang akan terbang dari Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta menuju Purwokerto, Jawa Tengah, pada Senin itu.

“Saat akan menuju Purwokerto (1/4) pswt yg ditumpangi @prabowo aborted take off krn saat akan take off diujung runway melintas 3 jet tempur.” cuitnya.

“Pengaduan resmi + CVR akn disampaikan kpd dirjen perhubungan udara.”

TNI AU menyangkal kabar itu melalui keterangan resmi yang diunggah dalam akun Twitter @_TNIAU.

Dijelaskan dalam Twitter, secara umum ada empat jenis pesawat yang beraktivitas di Bandara Halim Perdanakusuma waktu itu, di antaranya Kalong Flight: Pesawat Angkut Sedang CN-235, Thunder Flight: pesawat tempur strategis Sukhoi Su-27/30, 9H-NYC: pesawat jet carter Embraer Lineage 1000 dari AirX, dan WON 1721: Wings Air.

Pesawat yang ditumpangi Prabowo Subianto hari itu ialah pesawat carteran Embraer Lineage 1000 dari AirX.

“Ada 2 flight 9H-NYC pada hari berurutan, Senin dan Selasa, 1 dan 2 April 2019, di landasan pacu (runway) Halim Perdanakusuma yang merasa dihalangi atau diganggu pesawat tempur,” tulis akun @_TNIAU.

“Namun sesuai fakta, tak satu pun yang aborted take-off gegara pesawat tempur.”

Pada Senin, 1 April 2019, menurut TNI, Kalong Flight lepas landas dari R/W 24, selanjutnya pesawat 9H-NYC. Controller mengizinkan 9H-NYC lepas landas sebelum Kalong belok ke arah Selatan/belum aman.

“Jadi, pada hari Senin, 1 April 2019, TIDAK ADA pesawat tempur yang menghalangi take-off pesawat 9H-NYC di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta.”